ITS News

Sabtu, 28 September 2024
15 Maret 2005, 12:03

BEM Berencana Adakan Debat Capres RI

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Bukan BEM namanya kalau tidak membuat gebrakan baru. Dalam raker selama 3 hari di Mojokerto, telah disepakati berbagai kegiatan baru guna menambah fungsinya sebagai badan eksekutif teratas di Ormawa (Organisasi Mahasiswa) ITS.

Menurut, Fahruddin Arrozi, sekretaris Jendral Internal BEM ITS, menyebutkan bahwa rapat yang dilaksanakan dari tanggal 16 sampai 19 April tersebut, selain membahas program kerja yang telah ada pada kepengurusan sebelumnya, juga disepakati untuk menambah beberapa kegiatan baru pada 6 departemen yang telah terbentuk.

Misalnya, lanjut mahasiswa Teknik kimia ini, departemen sosial politik (Sospol) berencana akan mengadakan debat calon presiden RI, "InsyaAllah sebelum pemilu presiden dan wakil presiden mendatang," ujar Arrozi. Departemen ini juga akan menggelar panggung rakyat dan renungan 6 tahun reformasi sebagai wujud kritikan mereka kepada pemerintah.

Melihat akan diterapkannya otonomi kampus di ITS, departemen dalam negeri akan mengadakan diskusi mengenai hali itu bersama ITB dan UGM. Departemen yang menangani hubungan formal dalam kampus ini, juga jeli melihat kegemaran mahasiswa ITS sekarang akan sepak bola, maka juga akan mengadakan Liga ITS.

Sedangkan mengenai mahasiswa baru yang segera terjadi, tampaknya BEM ITS melalui departemen PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia) akan mengadakan lokakarya PPSDM (pola pengembangan sumber daya manusia) pada hari Rabu besok, 21 April 2004. "Acara ini rencananya akan dihadiri oleh Rektor, PR III dan psikolog," jelas Mahasiswa Teknik Kimia ’00 ini.

Sedangkan dari departemen pengabdian mahasiswa, berencana untuk mengadakan kegiatan pendanaan mahasiswa. Dengan tujuan untuk membantu mahasiswa yang kurang mampu, dananya dihimpun dari masyarakat atau civitas kampus lainnya.

Tidak hanya itu, departemen riset dan teknologi (Ristek) telah menyiapkan serangkaian acara. Pada bulan Oktober mendatang misalnya, akan diadakan pelatihan riset I dan pelatihan riset II pada bulan Februari mendatang. Rencannya juga akan mengnyelenggarakan pelatihan teknologi, lomba teknologi tepat guna serta ocean week. Untuk ocean week merupakan sebuah seminar nasional sebagai wujud eksistensi ITS di bidang kelautan.

"Untuk departemen luar negerinya, kita hanya akan meningkatkan hubungan dengan LSM dan ormawa lain yang telah kita bina," tambahnya.

Program kerja tersebut akan dilaksanakan dalam masa setahun kepengurusan Rendra Sanjaya sebagai presiden BEM,dan akan berakhir pada februari 2005 mendatang. Semoga berhasil.(ftr/rom)

Berita Terkait