ITS News

Sabtu, 28 September 2024
15 Maret 2005, 12:03

PIMITS Undang Perguruan Tinggi Asing dan Siswa SMA se Jatim

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kegiatan tahunan yang akan memamerkan beberapa hasil kegiatan ilmiah serta berbagai macam perlombaan llmiah lain dari para mahasiswa ITS ini, kata Mardi Brilian Saleh, Ketua Panitia PIMITS ke-7, Kamis (22/4) siang, merupakan upaya mahasiswa didalam mengkomunikasikan kegiatan-kegiatan ilmiah yang selama ini telah dilakukan sekaligus sebagai arena untuk menunjukkan kepada masyarakat umum terhadap prestasi yang pernah diraih mahasiswa ITS.

"Tahun ini kami juga mengundang beberapa perguruan tinggi untuk berpartisipasi didalam kegiatan PIMITS. Tujuannya agar mahasiswa ITS juga masyarakat umum mengetahui tentang perkembangan perguruan tinggi di luar negeri. Ini amat penting, sehingga kaml ingin juga membandingkan prestasi dan model pendidikan yang ada di luar negeri dengan apa yang kini dimiliki oleh ITS," katanya.

Bagi mahasiswa ITS, katanya menambahkan, kehadiran perguruan tinggi dari luar negerl juga bertujuan antara lain untuk menjajaki kemungkinan alternatif manakala ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, baik atas biaya sendiri maupun beasiswa. "Ini penting sejak awal diketahui, agar tidak salah pilih," katanya.

Menurut Mardi, selain mengundang perguruan tinggi asing, panitia juga telah menyebarkan undangan untuk menghadiri acara open house bagi siswa SMA se-Jatim. "Momentum ini biasanya yang memang ditunggu-tunggu bagi para siswa SMA untuk menentukan pilihan ke jurusan mana setelah mereka menyelesaikan studi di bangku SMA," katanya.

Mardi menambahkan, panitia telah nengundang hampir seluruh SMA di Jatim dan sudah ada beberapa SMA yang telah mengembalikan fomulir pernyataan untuk hadir pada acara itu. "Ini memang langkah tepat jika para s1swa SMA bisa hadir, karena mereka akan melihat secara keseluruhan jurusan yang ada di ITS termasuk tingkat persaingan darl masing-masing jurusan. Acara ini digelar memang hanya sehari pada 29 April 2004, karena itu panitia memang hanya akan menerima siswa atau sekolah yang memang telah memberikan konfirmasi kehadiran. Ini dilakukan agar tidak terjadi antrian dan desak-desakan," katanya.

Menurutny, hal menarik lain yang akan digelar pada PIMITS ke-7 ini antara lain, seminar tentang kewirausahaan teknologi atau techno enterpreunerships. "Seminar ini diharapkan akan memberikan wawasan para mahasiswa bagaimana melakukan wirausaha di bidang teknologi atau menjadi seorang wirausahawan teknologl," katanya.

Selain seminar, katanya menambahkan, panitia juga telah menyiapkan berbagal kegiatan berbentuk games atau permainan bagi para mahasiswa. "Kalau melihat sukses pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kami menartargetkan dalam waktu seminggu akan dihadiri oleh tidak kurang 10 ribu pengunjung," katanya. (Humas – ITS, 22 April 2004)

Berita Terkait