ITS News

Sabtu, 28 September 2024
15 Maret 2005, 12:03

Pelatihan 3 Hari Hasilkan 4 KPP

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Himpunan Mahasiswa Teknik Perkapalan kembali mengadakan LKMM-TD 2004 sebagai program kerja departemen PSDM periode 2003/2004. Tidak lebih dari 20 mahasiswa yang ikut dalam kegiatan tersebut yang semuanya adalah mahasiswa dari angkatan 2003. Kegiatan yang diadakan bersamaan dengan PIMITS VII ini cukup menyita waktu dan perhatian panitia. Bahkan, untuk pembukaan juga diserahkan kepada himpunan. "Karena ketua jurusan sedang ada urusan penting sehingga pembukaannya diserahkan langsung kepada himpunan," ujar Hilmy, ketua Himatekpal.

Orang nomor satu di Himatekpal inipun menyatakan cukup kecewa dengan kuantitas peserta. "Seharusnya jumlah pesertanya bisa lebih banyak lagi. Tapi, kita lihat saja hasilnya dalam tiga hari kedepan," kata Hilmy saat membuka acara. Tidak hanya itu, beberapa OC yang terlibat juga menyatakan kekecewaannya.

Acara yang diadakan selama tiga hari (23-25/4) inipun sarat dengan materi seputar kepemimpinan dan manajemen berorganisasi. "Pilihan materi yang diberikan kami sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi peserta saat menerima materi. Oleh karena itu, kami juga menyisipkan beberapa materi yang mengharuskan peserta bersimulasi langsung," terang Dian, salah satu SC. Jika LKMM-TD sebelumnya lebih fokus pada pemberian materi berupa modul, kini diupayakan agar peserta lebih banyak diskusi dan presentasi didepan peserta lain dan pemandu, tambahnya.

Menjelang hari terakhir, peserta tampak bersemangat mengikuti materi yang telah disiapkan oleh SC. Terlebih ketika materi studi kasus dan motivasi. "Materi studi kasus ini nampaknya mampu membuat peserta merasa bahwa mereka benar-benar sedang mengalaminya. Mereka bisa menunjukkan semangat yang luar biasa dalam LKMM-TD kali ini" komentar Yoyon, salah satu SC yang lain.

Sementara itu, koordinator OC, Pramu Fadlillah, mengatakan kebanggaannya melihat hasil yang dicapai selama pelatihan tersebut. "Meski awalnya kecewa, tapi saya cukup bangga karena hasilnya tidak memuaskan. Dan yang penting adalah acara ini dapat berjalan lancar," ujar mahasiswa angkatan 2002 ini seusai acara penutupan.

Setelah melewati serangkaian acara yang telah disusun oleh panitia, peserta LKMM-TD kali ini masih harus melaksanakan empat KPP yang telah ditetapkan oleh SC. Keempat kegiatan pasca pelatihan itu adalah suksesi Himatekpal, Try Out SPMB 2004 Himatekpal, LKMM-TD 2005 dan kegiatan Student Day 2004/2005. (sept/rom)

Berita Terkait