ITS News

Senin, 02 September 2024
05 Oktober 2015, 00:10

PIMNAS 2016, Mari Salip Di Tikungan Terakhir!

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ya, selama kamu bergerak dalam atap kebermanfaatan maka itu tidak ada salahnya. Salah satu wadah pergerakan mahasiswa hari ini adalah melalui keikutisertaan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Terlepas dari pro-kontra tentang keberadaan PKM itu sendiri di kalangan mahasiswa dan keberlanjutannya pasca Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) yang dirasa masih kurang maksimal, rasa-rasanya sangat tidak bijak kalau kita menyebut bahwa program tersebut salah sasaran. Justru kitalah yang harus terus berbenah agar PKM benar-benar terlaksana sesuai harapan.

Pelaksanaan program untuk tahun pendanaan 2016 kali ini memang berbeda dengan sejarah sebelumnya. Selain deadline unggah PKM yang berbarengan dengan ajang Pimnas ke-28, PKM di ITS sepi dari hingar bingar mahasiswa pembuat PKM. Animo mahasiswa yang mulai turun secara jumlah untuk membuat PKM memang sering dikambinghitamkan dengan anggapan bahwa kaderisasi keilmiahan kurang berjalan lancar hingga trauma dana pelaksanaan program yang tak kunjung turun sepenuhnya. Tak ayal, mahasiswa ITS semakin ‘ogah-ogahan’ untuk membuat PKM, padahal telah kita amini bersama bahwasanya membuat PKM sudah seperti tradisi di dalam lingkungan kampus perjuangan.

Bukan mahasiswa ITS namanya kalau belum pernah mencoba untuk membuat PKM. Prestasi PKM ITS di ajang PIMNAS pun cukup membanggakan. Selama 5 tahun terakhir, ITS tidak pernah turun dari 3 besar Juara Pimnas, sebuah prestasi yang patut disyukuri sekaligus sebagai pelecut bagi kita untuk terus berjuang agar terus menjadi jagoan dalam Pimnas dan berkontribusi bagi masyrakat serta bangsa.

Tak dipungkiri, deadline PKM tinggal menghitung beberapa hari lagi, jika kita melihat perkembangan PKM beberapa universitas pesaing mungkin kita akan miris melihat diri kita sendiri, akan tetapi perlombaan belum selesai bung! Masih ada beberapa hari lagi untuk menyalip di tingkungan terakhir dan memenangi perlombaan. Yang perlu dilakukan saat ini hingga akhir perlombaan adalah kerja keras, niat yang lurus dan juga berdoa. Mari bung kita selesaikan perlombaan ini dengan kemenangan. Ingat, masih ada tikungan terakhir yang menentukan, masih ada beberapa hari lagi untuk menyalip dan menang.

Yok bikin PKM, ayo kita salip di tikungan terakhir bung!!

#PujanggaPKM
#JujurBermanfaat

Hoppy Adi Putra
Mahasiswa Jurusan Teknik Material dan Metalurgi
Angkatan 2012

Berita Terkait