ITS News

Selasa, 03 September 2024
04 November 2009, 16:11

Pencuri Ranmor Masih Gentayangan di ITS, Waspadalah!

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

”Aduuuuh pak motor saya hilang………..!!!!!” demikian seorang mahasiswa baru ITS berkata dengan mimik yang sedih  kepada Petugas Jaga Parkir ITS.
”Memangnya kamu parkir motor dimana?” tanya balik petugas parkir.
”Ya ditempat parkir yang disediakan oleh ITS….!!!!!” seru mahasiswa itu.

Parkir ditempat yang ada penjaganya kok bisa hilang ya………..?????

Itulah salah satu contoh  pemandangan yang selalu mengkhawatirkan kita semua. Maksud kuliah atau bekerja dengan tenang tanpa dihantui oleh rasa was-was.  Justru pikiran kita masih tersita oleh rasa was-was akan keamanan kendaraan kita yang diparkir di tempat parkir ITS.

Secara umum orang berpikir bahwa parkir pada tempat yang disediakan dan terdapat penjaganya, akan terjamin keamannya. Namun untuk beberapa waktu ini, keinginan seperti itu belum dapat terwujud secara sempurna di Kampus ITS. Terbukti masih terjadi pula pencurian kendaraan ditempat parkir resmi milik ITS.

Dengan melihat keadaan yang demikian, mari kita bersama-sama berpikir dan mencarikan solusi, bagaimana susana perpakiran di ITS ini bisa nyaman dan aman. Yaitu suasana nyaman karena kendaraan yang kita parkir mendapat tempat yang bagus, tidak takut terjadi kerusakan, dan terasa aman karena kita tidak takut kehilangan kendaraan yang sedang kita parkir. Selanjutnya kita merasa tenang untuk melakukan kegiatan dikampus tercinta ini tanpa terganggu dengan bayangan adanya pencurian.

Mencermati pelaksanaan perparkiran di kampus ITS, kelihatanya fungsi perparkiran di lingkungan ITS masih dalam bentuk pemberian layanan kenyamanan yang meliputi kerapian dan keindahan dalam perparkiran dalam satu lokasi. Namun dalam bidang keamanan belum dapat memberikan jaminan secara sempurna. Hal ini dapat dilihat bahwa peran petugas parkir hanya mengatur posisi kendaraan yang sedang diparkir supaya tampak rapi dan optimal untuk digunakan sebagai tempat parkir kendaraan. Selanjutnya, tidak ada jaminan ganti rugi apabila kendaraan kita hilang ditempat parkir yang ditentukan.

Tidak adanya jaminan keamanan tersebut sebenarnya dapat diketahui oleh semua pengguna parkir. Adapun kartu parkir yang diberikan saat akan memarkir kendaraan hanya berisi poin-poin berikut:

  • 1. Pemilik kendaraan bertanggung jawab atas keamanan kendaraannya salah satunya dengan cara memasang pengaman ganda pada kendaraan (butir 1 dan butir 2).
  • 2. ITS tidak bertanggung jawab bila terjadi kehilangan kendaraan di lokasi parkir ITS (butir 3)

Rasanya sudah waktunya kita berfikir akan adanya kepastian hukum terkait dengan hak dan kewajiban pengguna parkir di ITS, sehingga semua pihak terlindungi oleh aturan tersebut.

Sekarang berikan saran dan solusi yang bisa mewujudkan rasa nyaman, aman terhadap pengguna perparkiran di lingkungan ITS, sehingga para pencuri menjadi tidak nyaman dan aman kalau beraktifitas di lingkungan ITS!

Semoga tidak akan terlihat lagi mimik kesedihan dari korban pencurian kendaraan bermotor di ITS.

Tutus Wibowo SH
Tim Kajian Hukum HKTL-ITS

Berita Terkait