ITS News

Selasa, 03 September 2024
25 November 2009, 20:11

2012, Apakah memang tanda–tanda akhir jaman?

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Waou…luar biasa dahsyatnya film ini. Tetapi yang ada dalam benak penulis para penonton melihat film karena mau melihat para Bintang Film yang main di film atau mereka penasaran ingin melihat besok kalau akhir jaman itu bagaimana? Menambah semakin penasaran dari para penonton karena film ini diangkat dari penemuan arkeolog terkait peninggalan sistem kalender suku Maya kuno di selatan Meksiko, sekarang Guatemala. Berdasarkan penemuan itu, suku Maya memiliki sistem kalender berdasarkan perbintangan yang berakhir pada Desember 2012. Film 2012 menceritakan akan berakhirnya peradaban bumi berdasarkan sistem kalender suku Maya.

Film dengan efek yang luar biasa bagusnya ini sangat memukau para penonton yang melihat. Tetapi begitu film ini diputar beberapa hari langsung timbul pertentangan terhadap film ini. Salah satu lembaga keagamaan yang ada di Malang Jawa Timur melarang beredarnya film ini. Hal ini semakin menambah rasa ingin tahu masyarakat untuk menonton film yang menjadi kontrofersial ini. Apa sebenarnya yang menjadikan film ini begitu fenomenal? Apa karena Film ini melintasi berbagai agama. Baik yang beragama Islam, Kristen, Budha, Hindu dan yang lainnya, nampaknya mempunyai keinginan dan penasaran yang amat tinggi untuk menontonnya. Memang setiap agama meyakini bahwa kiamat, hari berakhirnya kehidupan manusia di dunia, pasti akan terjadi.

Faktor inilah yang mungkin membuat orang begitu penasaran menontonya.
Namun yang lebih membuat penasaran adalah keinginan orang untuk mengetahui mengapa kiamat diprediksi terjadi pada 21-12-2012? Orang mungkin ingin banyak tahu dasar penentuan waktu terjadinya hari kiamat itu, dalam agama Kristen,Yahudi, dan Islam, terjadinya kiamat hanya diyakini akan terjadi, namun tidak diketahui secara pasti kapan terjadinya? Prediksi waktu terjadinya kiamat tersebut mengingatkan kita pada tahun-tahun sebelumnya. Waktu itu ada yang pernah menyatakan bahwa kiamat akan terjadi pada 09-09-09, namun kenyataan yang terjadi kiamat tidak juga terjadi.

Isu tentang “Kiamat 2012” sangat terkait dengan ramalan suku Maya sebagaimana digambarkan dalam salah satu penanggalan kunonya yang menyatakan jika pada 21 Desember 2012 akan terjadi pergantian abad yang ditandai dengan “pembersihan bumi”. Dalam peristiwa ini, umat manusia akan memulai satu abad yang sama sekali baru. Ramalan suku Maya memang sangat diperhatikan banyak kalangan, dari akademisi hingga kalangan supranatural, disebabkan bangsa ini memang terkenal dengan keakuratan sistem penanggalannya.

Sebagai kalangan Akademisi hendaknya kita berpikir secara jauh kedepan dalam melihat kenyataan yang terjadi di masyarakat. Dalam melihat film 2012 ini kita nikmati saja efek–efek film yang sangat luar biasa dahsyatnya. Kita boleh mengagumi teknologi saat ini yang sudah sangat canggih. Kita hendaknya lebih berserah diri kepada Tuhan yang Maha Esa setelah nonton film ini. Dan jangan mudah percaya terhadap isu ataupun ramalan akan terjadinya Kiamat di Tahun 2012 nanti. Kita tonton film 2012 ini hendaknya cuman sebagai hiburan saja dan jangan dipercayai bahwa kiamat akan benar terjadi pada Tahun 2012 karena kalau kita terlalu menjiwai film ini maka secara tidak sadar kita akan merasa tersugesti bahwa  bumi ini akan hancur dan apa yang kita kerjakan selama ini akan sia-sia.

Memang di dalam semua agama itu mempercayai mengenai hari kiamat, tapi pada semua agama itu tidak diajarkan dan tidak diketahui kapan kiamat itu akan terjadi. Sebab tidak ada siapapun yang tahu kapan hari akhir jaman ini terjadi. Inilah rahasia Tuhan Allah.

Marilah kita selalu menyerahkan seluruh hidup kita kepada sang Pencipta. Kita lakukan segala hal yang terbaik selama masih bisa kita lakukan. Tunjukkan dengan giat belajar, giat bekerja dan melakukan yang terbaik bagi Institusi dan Almamater ITS tercinta ini. Kita buat sesuatu yang bermanfaat untuk Kampus tercinta ini sebelum akhir jaman itu terjadi. Jangan patah semangat dan jangan pernah takut menghadapi akhir jaman setelah menonton film 2012. Tetapi ubahlah menjadi semangat untuk berjuang agar kita dapat melakukan sesuatu yang terbaik dan bermanfaat  sebelum hari terakhir itu tiba.

Hananto Pramujari SH
Tim HKTL ITS

Berita Terkait