ITS News

Selasa, 03 September 2024
31 Desember 2009, 21:12

Menyambut Tahun 2010

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Jika kita kalkulasi bersama, maka kita telah menghabiskan waktu selama 365 hari. Atau jika disetarakan dengan satuan detik maka 365 hari dikali 24 jam dikali 3600detik atau kurang lebih 31536000 detik kita menghirup udara oksigen di tahun 2009.

Pertanyaannya, apakah selama ini kita telah memanfaatkan waktu yang ada dengan baik hingga bergantinya tahun ini? Setiap orang pasti mempunyai jawaban yang berbeda-beda dan tentunya bervariasi. Tidak akan pernah ada yang telah memanfaatkan waktu 24 jam sehari penuh dengan aktifitas yang benar-benar manfaat.

Jujur saja, manusia itu memiliki tingkat kejenuhan dan titik semangat yang tidak konstan. Ada kalanya membuat suasana menjadi baik dan ada kalanya memperburuk keadaan. Dan kita, telah memilihnya sendiri.

Mungkin saja kita berada diantara orang yang gagal, atau malah berhasil. Tetapi ingat, hidup tidak hanya untuk saat ini saja. Hidup ini terus-menerus hingga waktu yang telah ditentukan.

Jika kita review kejadian 2009 di negara kita, maka kita akan sekuat tenaga untuk mengingat-ingat. Kira-kira apa ya? Atau bahkan kita telah melupakannya.
Banyak terjadi bencana alam di negara ini, misalnya Gempa Padang. Seharusnya mengetuk hati ini untuk berbuat lebih baik dan bersikap lebih peka. Ada sedikit kisah yang mungkin bisa kita jadikan inspirasi hidup. Dan dengan kisah ini kita patut bersyukur telah diberikan waktu yang begitu banyak oleh-Nya.

Suatu hari, seorang anak lelaki miskin yang hidup dari menjual asongan dari pintu ke pintu, menemukan bahwa di kantongnya hanya tersisa uang beberapa sen, dan ia sangat lapar.

Anak lelaki tersebut berpikir untuk meminta minuman saja pada rumah berikutnya. Kemudian dia mengetuk pintu rumah itu. Dan keluarlah seorang wanita.
Laki-laki miskin itu hanya menengadahkan tangannya ke wanita muda itu.

“Nak, apakah kamu membutuhkan uang?”Tanya wanita itu penuh iba. Lelaki itu hanya mengangguk. Melihat anggukan yang lemah dari lelaki itu, wanita tersebut berpikir bahwa lelaki itu pasti kelaparan. Dan ia pun masuk kedalam rumah untuk mengambil sesuatu untuknya.

“Nak, ini ada segelas susu untukmu dan ini beberapa sen uang untuk membeli makanan yang kau inginkan” kata wanita itu sambil memberikan uang padanya. Anak itu dengan senang menerimanya dan pergi seraya mengucapkan terimakasih.

Beberapa tahun kemudian, di sebuah rumah sakit terbaring wanita tua yang lemah untuk menjalani operasi. Seorang dokter dipanggil oleh beberapa dokter spesialis untuk menanganinya.

Ia segera melihat kondisi wanita yang sangat kritis itu. Melihat wajahnya, iapun segera menangani operasi itu dan meng-handle semuanya untuk segera cepat bertindak. Dan operasi yang dijalankan ternyata berhasil!

Beberapa hari kemudian, ia memngirimkan tagihan surat untuk wanita itu. Wanita itu sangat takut untuk membuka amplop itu karena ia yakin tidak akan mampu untuk membayar.

Namun, ia mengamati amplop itu dan ia kaget sekaligus gembira. Di pojok kanan surat tertulis ‘Telah dibayar lunas dengan segelas besar susu dan beberapa uang sen’.
Ternyata dokter tadi tak lain adalah lelaki miskin yang pernah ditolongnya ketika kelaparan. Ia pun sujud syukur dan berterima kasih pada Tuhan.

Begitulah, waktu yang telah dimanfaatkan dengan baik oleh seorang lelaki miskin untuk mengubah hidupnya. Paling tidak, dia telah mengubah catatan sejarah hidup yang mulanya peminta-minta menjadi orang yang berpengaruh di sebuah rumah sakit terkenal.

Ada beberapa kata-kata untuk menyambut tahun 2010 untu kita. Jangan biarkan masa lalu mengekangmu atas masa depan membuatmu bingung, lakukan yang terbaik HARI INI! Dan lakukan SEKARANG JUGA!

Hari kemarin, kita tak bisa mengubah apapun yang telah terjadi. Kita tidak bisa menarik perkataan yang telah terucapkan. Kita tidak mungkin dapat menghapus kesalahan atau mengulangi kegembiraan yang kita rasakan kemarin. Masa lalu telah mati.

Pintu masa lalu telah tertutup, pintu masa depan pun belum tiba. Pusatkan saja diri kita untuk hari ini. Kita dapat mengerjakan lebih banyak hal hari ini bila kita mampu memanfaatkan hari kemarin dan melepaskan ketakutan akan esok hari. Lakukan yang terbaik.

Happy New Year 2010…!!  

 

Khoirun Nikmah

Mahasiswa Teknik Kelautan angkatan 2009

Berita Terkait

ITS Media Center > Opini > Menyambut Tahun 2010