ITS News

Jumat, 27 September 2024
15 Maret 2005, 12:03

Technology Watch and Competitive Intelligence

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Negara yang maju adalah negara yang memiliki daya saing tinggi. Daya saing yang tinggi ini erat kaitannya dengan kemampuan Technology Watch dan Competitive Intelligence (TWCI).

Jepang misalnya, berhasil mengejar ketertinggalannya dengan dunia barat pada tahun 1900-an melalui TWCI. Negara matahari terbit ini banyak mengembangkan hasil teknologi yang didapat para ilmuwannya ketika belajar di Eropa dan Amerika.

Tak berbeda dengan dunia bisnis. Perusahaan akan tetap hidup jika mampu bersaing dan memiliki kemampuan TWCI. Hanya dengan kemampuan membaca teknologi masa depan dan senantiasa mewaspadai strategi kompetitor maka perusahaan akan survive.

Hal ini terungkap jelas melalui One Day Workshop On Technology Watch and Competitive Intelligence (TWCI) Senin (28/06) kemarin. Workshop ini menghadirkan pembicara utama asal Universitas Marseille, Perancis, Prof. Henrie Dou.

"Pada dasarnya TWCI bukan ilmu yang baru hanya saja baru benar-benar digunakan setelah PD II," kata Henrie Dou.

TWCI, ungkap Henrie Dou, bukanlah sebuah proses intelijen militer yang kerap mengambil informasi secara ilegal. TWCI merupakan sebuah proses sistematis untuk mengumpulkan dan menganalisa informasi mengenai kemampuan dan strategi kompetitor yang sesuai dengan arah pengembangan perusahaan.

"Jadi dengan TWCI sebuah perusahaan, industri, bahkan negara bisa maju," terangnya.

Henrie Dou bersama mahasiswi S3-nya, Sri Damayanti Manulang DEA, berkunjung ke ITS dalam rangka lebih memperkenalkan TWCI. Sebelumnya, mereka berdua sudah mempresentasikannya di Jakarta dan Bandung. Hari ini (Selasa, red) mereka dijadwalkan akan berkunjung ke jurusan Teknik Industri ITS.(ryo/har)

Berita Terkait