ITS News

Jumat, 27 September 2024
15 Maret 2005, 12:03

ITS Adakan Kejuaraan Pencak Silat

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

ITS melalui UKM Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) menyelenggarakan Kejuaraan Pencak Silat PSHT se- Surabaya. Kegiatan ini sendiri akan berlangsung 21-25 Juli mendatang. Tidak tanggung-tanggung, selain acara ini gratis untuk ditonton, kejuaraan ini juga memperebutkan Piala Walikota Surabaya dan Piala Rektor ITS.

"Ini pengalaman kami yang pertama dalam menyelenggarkan kejuaraan," kata Andi Yasmiko, ketua UKM Pencak Silat PSHT.

Event ini sendiri akan diikuti setidaknya sembilan perguruan tinggi dan lima belas SLTA/SLTP se-Surabaya. Perguruan tinggi yang dipastikan datang antara lain Univ. Airlangga, Univ. Hang Tuah, Univ. Surabaya, UPN Veteran, UNESA, IAIN Sunan Ampel, Uni. Wijaya Kusuma, dan Univ. PGRI Adi Buana.

Kejuaraan ini terbagi atas tiga kategori yakni remaja (14-17 tahun) dan dewasa serta seni bela diri. Untuk kategori dan remaja terbagi atas peserta pria dan wanita. Sedangkan seni bela diri terbagi atas tunggal dan ganda.

"Untuk pertandingan silat, baik remaja dan dewasa menjalani tiga babak. Masing-masing menjalani dua menit tanding dan satu menit istirahat," terang Andi Yasmiko. Sedangkan untuk pemenang ditentukan oleh dewan juri yang berasal dari PSHT Surabaya.

Selain sebagai ajang tahunan PSHT Surabaya, menurut Andi Yasmiko, kejuaraan ini juga sebenarnya sebagai seleksi untuk kejuaraan tingkat Jawa Timur. "Kalau kategori remaja akan dikirim ke Malang, sedangkan dewasa akan berangkat ke Tuban," tambahnya.(ryo/lin)

Berita Terkait