ITS News

Senin, 30 September 2024
15 Maret 2005, 12:03

ITS Gandeng Tiga PT Taiwan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Senin, 08 Mar 2004,

SURABAYA – Kerjasama dengan perguruan tinggi asing terus digalang agar ITS semakin mendapat pengakuan secara internasional. Satu lagi kerjasama dilakukan oleh jurusan teknik lingkungan dan jurusan teknik kimia, yang mengikat kerjasama dengan tiga perguruan tinggi Taiwan.

Ketiga universitas Taiwan itu masing-masing, National Taiwan University, National Chaiao Tung University, dan National Taiwan University of Sains and Technology. "Kami bekerjasama dalam bidang pengolahan limbah industri. Kebetulan di Surabaya, limbah industri masih menjadi problem besar," ujar Dr Yulinah Trihadiningrum, M.App.Sc, koordinator Program S2 Teknik Lingkungan ITS.

Menurutnya, riset pengolahan limbah industri yang dilakukan oleh tiga perguruan tinggi di Taiwan itu jauh lebih maju ketimbang riset yang ada di Indonesia. "Taiwan merupakan negara industri maju yang juga sangat baik dalam mengelola lingkungannya. Kami akan belajar dari mereka untuk diterapkan di Surabaya," katanya.

Selain itu, kata Yulinah, kerja sama ini membuka kesempatan bagi para dosen dan mahasiswa untuk studi lanjutan dan melakukan penelitian di perguruan tinggi Taiwan tersebut.

Rektor ITS Dr Ir Mohammad Nuh DEA mengatakan, apa yang dilakukan jurusan maupun fakultas di ITS memang diarahkan untuk mempercepat pengakuan internasional. "Tapi keinginan itu saja tidaklah cukup jika tidak ada keinginan bersama," katanya.

Dalam waktu dekat, ITS juga akan mendatangkan seorang pakar di bidang minyak bumi dari Amerika Serikat, Rima Petrossian, President American Association of Petroleum Geologists, yang sudah cukup punya nama di bidang perminyakan internasional. "Dia akan memberikan kuliah tamu pada 11 Maret ini," katanya. (tom)

Berita Terkait