ITS News

Senin, 30 September 2024
11 Agustus 2005, 15:08

ITS Perkenalkan Audit Energi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Imbauan hemat energi yang dicanangkan pemerintah, ternyata mampu melahirkan ide-ide baru. Selain berupa teknik mengurangi pemakaian energi, juga muncul ide untuk selalu mengaudit secara periodik energi yang telah dipakai.

Audit energi ini diperkenalkan oleh ITS dalam acara Pelatihan Audit Energi pada Bangunan Komersial (Perkantoran, Rumah Sakit, Hotel dan Mal), kemarin. Dalam acara yang digelar di Aula Perpustakaan ITS itu diungkapkan, energi yang tersisa saat ini diperkirakan hanya mampu bertahan 18 hingga 20 tahun ke depan.

"Karena itulah, semua pihak diharapkan bisa melakukan penghematan energi dengan cara apapun," kata Kepala Laboraturium Instrumentasi Teknik Fisik Fakultas Teknik Industri ITS Ir Ali Musyafa’ M Sc.

Ali mengatakan, salah satu cara yang wajib ditempuh untuk mencapai hemat energi adalah melalui audit energi. "Audit energi berarti adanya manajemen yang tepat dalam penggunaan energi," katanya.

Dia mencontohkan, sebuah hotel harus punya catatan yang jelas mengenai besarnya daya (watt) yang dipakai dalam satu bulan. Caranya bisa ditempuh dengan banyak cara. Namun, kata Ali, ada baiknya jika hotel ataupun bangunan komersial lainnya memiliki seorang manajer khusus yang menangani penghitungan pemakaian energi. "Dalam melakukan audit energi dibutuhkan beberapa langkah penting. Antara lain perencanaan, pengumpulan data dasar, penentuan biaya serendah-rendahnya, identifikasi peluang penghematan energi yang memerlukan investasi, dan penyusunan laporan hasil audit," katanya.

Tak hanya bangunan komersial saja yang sebenarnya diwajibkan hemat energi. Menurut Ali, lembaga pendidikan seperti kampus juga diharapkan punya aturan yang jelas pula. "Untuk kampus sebaiknya ditetapkan pukul berapa lampu dimatikan atau mulai dinyalakan. Jangan sampai pada pukul enam pagi lampu-lampu sepanjang jalan kampus masih menyala," sambungnya.(rik)

Berita Terkait