ITS News

Senin, 30 September 2024
18 November 2005, 15:11

Dubes Inggris Kunjungi ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kemarin kedatangan duta besar Inggris untuk Indonesia Charles Humfrey. Pertemuan dimaksudkan untuk menjajaki kemungkinan kerja sama antara kedua belah pihak. Pada kesempatan itu Humfrey juga menyerahkan bantuan sebesar USD 10 ribu untuk program pengentasan kemiskinan.

"Sebenarnya kita sudah lama menjalin kerja sama. Dosen ITS yang pernah menimba ilmu di Inggris saja mencapai 56 orang," ujar Rektor ITS Prof Muhammad Nuh.

Saat ini, lanjut mantan direktur PENS ITS ini, jumlah dosen ITS yang masih berada di sana mencapai sembilan orang. Dia berharap, kehadiran Dubes Inggris ini bisa dimanfaatkan untuk perkembangan ITS ke depan. "Memang cukup banyak bidang yang bisa dikerjasamakan antara ITS dengan beberapa perguruan tinggi di sana," lanjut Nuh.

Senada, Humfrey mengatakan pihaknya sangat respek dengan eksistensi ITS dalam pengembangan keilmuan, terutama di bidang teknologi. "Pertemuan ini bakal saya sampaikan ke pemerintah kita. Saya berharap kerjasama ini bakal terus ditingkatkan di masa mendatang," kata Humfrey.

Selain itu Charles Humfrey juga memberikan sumbangan sebesar 10 ribu US dollar kepada ITS. Dana ini diharapkan dapat digunakan untuk membantu program pengentasan kemiskinan. "Kami sangat berterima kasih atas bantuan tersebut. Selama ini ITS mempunyai program kepedulian sosial dan bantuan tersebut sangatlah membantu," papar Nuh.

Humfrey juga menyempatkan diri untuk bertemu dengan beberapa pengajar ITS yang sempat mengenyam pendidikan di Inggris. Beberapa dosen tersebut juga memaparkan hasil penelitian yang telah dilakukan di ITS bersumber dari pengetahuan yang didapat dari Inggris.

"Bagaimanapun juga, kita harus banyak belajar dengan kampus-kampus yang ada di negara maju. Sebab, bagaimanapun juga kita masih jauh ketinggalan," tambah Nuh. (ris/rth)

Berita Terkait