ITS News

Senin, 30 September 2024
07 Februari 2006, 10:02

Hadiah Rp 32,5 Juta Plus Trofi Mendiknas

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Untuk kali kesebelas, Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro ITS menggelar Lomba Cipta Elektronik Nasional (LCEN). Tahun ini, selain hadiah uang senilai Rp 32,5 juta, pemenang akan memperoleh trofi Mendiknas.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, LCEN akan menjadi ajang adu kreativitas mahasiswa dan pelajar SMP-SMA di bidang elektronika. Ketua Panitia Suhartanto Raharjo menyatakan, lomba yang juga didukung Jawa Pos ini mengangkat empat bidang. Yaitu, telekomunikasi, multimedia, dan informatika; bidang biomedik; bidang elektronika dan otomasi industri; serta bidang elektronika dasar.

"Bidang pertama sampai ketiga dikhususkan bagi mahasiswa, sedangkan bidang elektronika dasar untuk pelajar SMA," ujar Tanto, sapaan Suhartanto Raharjo.

Peserta pelajar terdiri atas siswa SMP, SMA, SMK dan sederajat. Sedangkan mahasiswa, dari jenjang S1, D3, dan yang sederajat.

Pendaftaran dimulai sejak 17 November 2005 lalu dan akan berakhir 1 Maret. "Pada tahap pendaftaran, seluruh peserta wajib menyertakan proposal alat yang mereka buat. Nanti proposal tersebut diseleksi oleh tim juri," ujar Tanto. "Dari seluruh proposal yang masuk, masing-masing bidang akan diambil 15 tim untuk tampil di final," imbuhnya.

Panitia menjadwalkan, tahap realisasi antara 20 Maret sampai 28 April. Sedangkan penjurian akhir dilakukan pada 3-6 Mei. "Para dewan juri adalah akademisi (ITS, ITB, dan Unair, Red), praktisi, lembaga penelitian dan pengembangan, serta dari media," papar Tanto.

Dari 15 finalis di masing-masing kategori, panitia mengambil juara 1, 2, dan 3. Selain piala Mendiknas, pemenang mahasiswa akan mendapat hadiah uang tunai dari Jawa Pos senilai Rp 9 juta, sedangkan pelajar Rp 5.250.000. "Selain itu mereka mendapatkan trofi, sertifikat, dan paket sponsor. Untuk juara kategori pelajar berpeluang besar mendapatkan PMDK prestasi dari ITS," urai Tanto.

Selain lomba, digelar pameran teknologi. Pameran ini merupakan ajang sosialisasi berbagai kemajuan teknologi masayarakat Indonesia. "Pameran ini menampilkan bermacam-macam teknologi dari berbagai instansi, baik pendidikan, industri, maupun pemerintahan," ujarnya.

Pameran dengan tema Teknologi untuk Masa Depan ini diselenggarakan 3-6 Mei 2006 di Graha 10 Nopember ITS. "Untuk lebih jelasnya, dapat mengunjungi website kami di www.lcen-its.com," jelas Tanto. (rth)

Berita Terkait