ITS News

Senin, 30 September 2024
04 Maret 2006, 11:03

ITS Dirikan Microsoft Innovation Centre

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam waktu dekat, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) akan mendirikan Microsoft Innovation Centre. Lembaga tersebut nanti digunakan mempersiapkan sumber daya manusia yang memadai di bidang information and communication technology (ICT).

Rencana tersebut diungkapkan dalam pertemuan ITS dengan pihak Microsoft kemarin. ITS diwakili Pembantu Rektor III Achmad Jazidie dan Microsoft diwakili Education Manager Microsoft Indonesia Marta Adidarma. "Rencana pembangunan itu akan di-launching pada 18 Maret 2006 bersamaan dengan wisuda sarjana," jelas Jazidie.

Materi yang bakal dikembangkan melalui lembaga tersebut, antara lain, technical skills dan business skills di bidang ICT. Pelatihan-pelatihan atau kursus-kursus tersebut disiapkan untuk pembentukan Microsoft Riset Center di tingkat nasional. "Kami akan mengadakan kursus-kursus di bidang ICT yang besertifikat," ungkapnya.

Ada juga kegiatan lain. Yakni, membangun jaringan dengan kalangan industri yang membutuhkan aplikasi-aplikasi ICT, khususnya yang berkaitan dengan program-program software Microsoft. Dengan cara tersebut, diharapkan tercipta SDM yang mampu mengembangkan aplikasi-aplikasi untuk kepentingan bisnis.

ICT merupakan generik teknologi. Dengan sebutan generik itu, hampir tidak ada bidang yang tidak akan membutuhkan ICT. Kesempatan itulah yang ingin diambil ITS dalam merealisasikan kerja sama tersebut. "Untuk kali kesekian, kami tidak ingin Indonesia tertinggal dalam revolusi teknologi yang kini sedang dialami bidang ICT," tegasnya.

Melalui Microsoft Innovation Centre tersebut, diharapkan tidak ada lagi hambatan bagi perguruan tinggi maupun dunia industri untuk mengembangkan aplikasi ICT. "Ini merupakan langkah awal dan sebagai perantara untuk membuat Microsoft Riset Center yang lebih besar serta berskala nasional," ungkapnya. (rth)

Berita Terkait