ITS News

Minggu, 29 September 2024
25 Juli 2006, 12:07

Kuliah via Website ala PULSE

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

PULSE merupakan jalan bagi mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan yang telah disiapkan PTN yang ditunjuk. Program ini termasuk dalam kesepakatan antar-PTN, selain soal transfer kredit. PULSE rencananya juga dilaksanakan mulai semester baru nanti.

Ada dua hal yang digarap dalam program PULSE. Pertama, memanfaatkan sumber daya pustaka di PTN masing-masing, seperti digital library yang sudah menggunakan teknologi informasi.

Yang kedua, melalui PULSE bisa melakukan kuliah bersama di kesembilan PTN tersebut. Tidak perlu melakukan pertemuan dengan tatap muka, cukup mengakses melalui website yang telah ditentukan. "Bergantung dari mata kuliah yang disepakati oleh masing-masing PTN," ujar Pembantu Rektor III ITS Dr. Ir Achmad Jazidie, M. Eng.

Dari sembilan PTN tersebut, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang bertanggung jawab mengoperasikan PULSE, baik itu mengembangkan ataupun mengelolanya. ITS yang menyediakan aplikasi, sedangkan materinya disiapkan PTN masing-masing.

Begitu juga materi mata kuliah apa saja yang nanti akan dibahas, bergantung kesepakatan para rektor dan pembantu rektor. Dalam kuliah bersama,mereka perlu juga merumuskan aturan-aturan yang akan digunakan.

Mata kuliah yang dapat digunakan untuk kuliah bersama adalah mata kuliah dasar umum (MKDU), seperti agama, bahasa Indonesia, dan kewarganegaraan. "Tidak hanya MKDU, mata kuliah lain juga bisa diakses, bergantung kesepakatan dengan PTN yang mempunyai mata kuliah yang sama," ujar Jazidie.

Sementara itu, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) sudah mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti program ini. "Kami sudah menyosialisakan kepada ketua prodi (program studi) yang kemudian akan diteruskan kepada para dosen," ujar Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan Perencanaan dan Sistem Informasi (AAKPSI) Unesa Drs Jusmono. (rth)

Berita Terkait