ITS News

Sabtu, 28 September 2024
13 Maret 2007, 17:03

Perangkat Lunak Bulletin Board System Aisha

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Itulah dasar pemikiran Yojana Hanif, mahasiswa semester delapan Teknik Informatika ITS. Berbekal kemampuan menciptakan software yang didapat dari kuliah maupun otodidak, lelaki kelahiran 28 September 1984 ini menciptakan software bernama BBS Aisha. "Motivasi tambahan, untuk mengisi waktu luang," ucap Yojana Hanif sambil tertawa kecil.

BBS adalah kepanjangan Bulletin Board System. Perangkat lunak ini merupakan versi maya Bulletin Board yang biasa dipakai untuk menempelkan pengumuman.

Software ini merupakan tipe aplikasi fat-client. Sebuah aplikasi yang datanya tersimpan di server. Kemudian, setiap komputer client bisa mengambil data dengan syarat harus terkoneksi server.

Fitur utama software ini adalah bisa membuat pengumuman. Kemudian, pengumuman tersebut bisa dibaca semua komputer yang sudah di-install software ini. Pengguna juga bisa membalas pengumuman tadi.

Pengguna juga bisa membuat forum sendiri. Misal, bagi para penggemar sepak bola, bisa membuat forum Liga Champion. Di forum tersebut, bisa post pengumuman seperti prediksi laga, jadwal, ataupun komentar hasil laga. Pengguna yang bisa mengkases forum buatan juga bisa diatur.

Aplikasi ini cocok digunakan pada universitas. Perangkat lunak ini sekarang dipakai di Fakultas Teknologi Informasi ITS. Cukup mem-post pesan ketika ingin mengumumkan nilai atau melakukan diskusi antar mahasiswa dan dosen.

BBS Aisha ini dibuat dalam waktu dua bulan dengan menggunakan VB.Net sebagai bahasa pemrograman, dan database SQL Server 2000. Tidak diperlukan komputer berspesifikasi tinggi untuk menjalankan program ini. Hanya dibutuhkan minimal komputer Pentium II yang dilengkapi framework.Net 1.1.

Karena aplikasi ini berbasis jaringan intranet, maka komputer yang digunakan juga harus tergabung dalam sebuah jaringan intranet. "Jika tidak, percuma! BBS ini dibuat supaya pengumuman bisa dibaca semua orang di komputer lain," imbuh Yojana. Tidak ada proses instalasi yang harus dilakukan. Bisa dijalankan secara plug and play.

Kedepannya, ada harapan aplikasi ini berkembang lebih jauh. "Sebuah information exchange centre. Bisa email, POP3, ataupun chat. Sehingga bisa digunakan secara online lewat jaringan internet, tidak hanya intranet. Mungkin ada yang mau membantu?" tutur Yojana. (dat)

Berita Terkait