ITS News

Jumat, 27 September 2024
07 Maret 2008, 06:03

Peminat LCEN ITS Meningkat

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Di antara 184 proposal tersebut, hanya akan diambil 40 tim. Mereka nanti berhak mengikuti seleksi lanjutan. Yakni, daftar ulang, realisasi karya, dan penjurian akhir yang akan diapresiasi masyarakat dalam sebuah pameran. Proposal yang masuk itu datang dari seluruh provinsi.

Menurut Ketua Panitia LCEN M. Radif Jomansyah, kenaikan tersebut sesuai dengan target yang diharapkan. Sebab, tahun ini kategori tema untuk siswa SMP dan SMA bertambah. "Itu artinya, LCEN semakin diminati semua kalangan. Baik siswa maupun mahasiswa," ujarnya.

Untuk mahasiswa meliputi bidang Biomedik sebanyak 17 proposal, Telekomunikasi Multimedia dan Informatika (55 proposal), Elektronika dan Otomasi Industri (46 proposal). Untuk pelajar, Elektronika Dasar Berbasis Mikrokontroler (29 proposal) dan Elektronika Dasar non-Mikrokontroler (37 proposal). Dari 5 bidang itu, akan diseleksi menjadi 8 karya setiap bidang.

Proposal yang masuk, antara lain, dari SMAN 1 Denpasar dengan judul Housing Security Device (HSD) untuk Meningkatkan Keamanan pada Rumah, Alat Penghasil Warna Cat Otomatis (Undip), Otomatisasi Kecepatan Mobil untuk Menghindari Kecelakaan (ITS), Helm Charger (SMP Petra 3 Surabaya), dan Sistem Pendeteksi Asap dan Gas (SMP 1 Taman).

Adapun juri yang menyeleksi proposal peserta, antara lain, dari ITS, Komputek, dan LIPI. Even yang diadakan kali ke-13 itu mengambil tema "perwujudan ide kreatif dan kontribusi anak bangsa dalam bidang elektroteknik tepat guna menuju Indonesia yang mandiri".

Menurut Radif, kriteria penilaian yang paling tinggi ialah nilai guna. "Kalau punya nilai guna lebih ditunjang dengan biaya yang minim, karya tersebut layak untuk menang," jelasnya.

Agar makin mendapat apresiasi pengunjung panitia juga mengadakan education center. Yakni, salah satu fasilitas yang diberikan LCEN 2008 dalam rangka penyelengaraan informasi teknologi. Peserta nantinya akan mendapat pengarahan tentang topik-topik teknologi tertentu.

Tidak hanya itu. Mereka juga bakal diajak berkeliling untuk mengeksplorasi lomba ataupun pameran LCEN yang sedang berlangsung dengan didampingi panitia. Waktu pendaftaran dibuka mulai 15 Februari – 30 April 2008. Adapun peserta terdiri dari pelajar SD dan SMP khusus di wilayah Surabaya dan sekitarnya.

Hanya, peserta dibatasi hingga 15 sekolah dengan jumlah peserta maksimal 30 orang per sekolah. Penjadwalan peserta education center akan diumumkan paling lambat dua minggu sebelum pameran LCEN berlangsung.(ita/hud)

Berita Terkait