ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
11 Mei 2009, 14:05

77 Tim Robot Regional IV Siap Bertarung

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Tim yang masuk dalam kelompok regional IV di ajang lomba robot nasional tahunan itu dipastikan bisa mengikuti pertarungan di tingkat regional setelah melalui proses seleksi tahap kedua. Sebelumnya mereka harus melalui tahap pengajuan proposal yang dilanjutkan dengan seleksi tahap kedua dengan mengirimkan laporan perkembangan persiapan berupa gambar video. Tim yang lolos seleksi tahap kedua nantinya akan bertarung pada level regional untuk berebut tiket ke tingkat nasional.

Sebelum bertarung ke tingkat nasional, mereka akan melalui babak penyisihan di tingkat regional. Penyisihan dibagi dalam empat regional. Regional I digelar pada tanggal 2-3 Mei di Politeknik Caltex Riau, Regional II pada tanggal 9-10 Mei 2009 di UI, Regional III pada tanggal 12-13 Mei 2009 di UGM, dan Regional IV pada tanggal 16-17 Mei 2009 di ITS. Pemenang KRI ini yang nantinya akan mewakili Indonesia pada kontes robot tingkat internasional pada 22 Agustus mendatang di Tokyo, Jepang.

“Progres peserta dari regional IV cukup baik, kami yakin mereka bisa mendominasi di ajang nasional,” ujar Ir Wiratno Argo Asmoro MSc, ketua panitia seleksi KRI-KRCI 2009 Regional IV.

Terkait persiapan KRI dan KRCI, Pembimbing tim robot Universitas Widya Mandala (UWM) Andrew Joewono menyatakan saat ini persiapan timnya telah 90 persen. “Robot otomatis, manual dan traveler sudah jalan, kami sudah melakukan trial lapangan dan terus mengevaluasi,” ungkap Andrew.

Selain persipan dari sisi teknis dan strategis, Andrew menyebut saat ini tim KRI UWM, WIMATE_ConG memiliki keunggulan dari sisi material. “Kami memiliki material yang lebih ringan tapi kuat,” tambahnya.

Di ajang KRI dan KRCI tahun ini UWM meloloskan satu tim KRI dan empat tim robot KRCI ke seleksi regional. Sementara ITS yang diwakili tiga lembaga kembali menjadi pengirim tim terbanyak.

Untuk bertarung di ajang KRI, ITS akan diwakili tim robot BOLOKULOWO. Ada juga tim robot D4_SI dari Politeknik Elektonika Negeri Surabaya (PENS) dan CATAMARAN dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS). Selain UWM dan ITS tim Surabaya lain yang meloloskan tim KRI ke tingkat regional yakni ITATS, Stikom, Ubhara, Ubaya, UPN Veteran Jatim, dan Unesa.(rey)

Berita Terkait