ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
12 Januari 2010, 09:01

Konsultasi Online Tugas Akhir PENS-ITS Bergaya Facebook

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Melihat kegandrungan masyarakat terhadap Facebook, ditangkap oleh Firman Arifin, ST.MT. untuk ‘meniru’ ide jejaring sosial ini di kampusnya. Hanya pada saat itu belum fokus kira-kira untuk apa aplikasi itu.

Namun sejak diamanahi sebagai koordinator Tugas Akhir (TA) di jurusan teknik elektronika, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS-ITS),  Firman mulai merealisasikan idenya dengan membuat aplikasi ‘Konsultasi Online Tugas Akhir’.

"Saya melihat ada sesuatu yang menarik dari model Facebook ini. Selain tampilannya sederhana, tapi mempunyai magnet tersendiri bagi penggunannya. Karenanya, saya membuat konsultasi online tugas akhir ini, agar mahasiswa yang sedang tugas akhir dan dosen sebagai pembimbingnya bisa lengket seperti magnet dengan aplikasi ini," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Senin (11/1/2010).

Lebih lanjut, pria yang senang coding ini menjelaskan bahwa, ‘Konsultasi Online Tugas Akhir’ ini bukan hanya untuk mahasiswa dan dosen pembimbingnya saja. Namun juga bisa untuk memonitor progress atau perkembangan tugas akhir.

"Sehingga tepatlah aplikasi ini diberi nama e-prota online. E adalah singkatan dari jurusan elektronika, sedangkan prota adalah progress tugas akhir. Atau bisa juga diartikan, Progress Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Elektronika PENS ITS secara online," jelas Firman.

Ir. Rika Rokhana, MT., Ketua Jurusan Teknik Elektronika PENS-ITS menyambut baik ide dan realisasi program ini. "Semoga dengan sistem online ini, proses pembimbingan menjadi lebih baik dan lebih termonitor. Dan akhirnya output proyek akhir jadi lebih baik," tukas wanita berjilbab ini.

"Kalau tahun sebelumnya jurusan tidak tahu masing-masing mahasiswa terkait progress tugas akhirnya, dan baru ketahuan pada saat pendaftaran untuk maju sidang," lanjutnya.

Di aplikasi ini, bukan hanya manajemen yang diklaim dapat terbantu dalam monitoring tugas akhir, terlihat mahasiswa menyambut dengan antusias.

Salah satu komentar yang ada di ‘dinding umum’ ditulis oleh Gagas Setya Wahyuaji, "Waaaahhh.. . (tolah-toleh liat kanan kiri terkagum-kagum).. . Kalo gini g usah ke kampus deh..:-p". Begitu juga komentar dari Yus Rizal Permana, "Alhamdulillah… mempermudah mahasiswa ni pak. Tidak ada alasan lagi mencari dosen pembimbing. 🙂 matur nuwun"

(ash/bdh) 

Berita Terkait