ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
28 Januari 2010, 12:01

Tingkatkan Kinerja, Semen Gresik Gelar Innovation Award

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menurut Direktur Utama PT SG, Dwi Soetjipto, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya inovasi di lingkungan perusahaan. Pada dasarnya inovasi harus diciptakan, bukan lahir dengan sendirinya. Sehingga harus dilakukan upaya-upaya sistematis dan komprehensif untuk menumbuhkannya.

Semen Gresik Innovation Award (SGIA) ini juga merupakan stimulus bagi penciptaan inovasi-inovasi baru. Meskipun baru pertama kali diselenggarakan, respon dan antusiasme dari para karyawan sangat tinggi. Ini terbukti dengan membludaknya dari jumlah peserta. 74 Tim terdaftar sejak kegiatan ini dimulai November 2009. Setiap Tim terdiri dari 5 orang.

Usulan tema inovasi ini sangat beragam antara lain bidang produksi, perawatan, proses, keuangan, pemasaran, energi dan lingkungan, keselamatan kerja dan pengelolaan SDM. Terdapat dua kategori, yakni usulan inovasi yang telah diimplementasikan dan inovasi yang belum diimplementasikan.

Puncak acara kegiatan yang mempunyai tagline ‘Inovasi memacu prestasi’ ini, akan dilakukan penganugerahan SGIA 2009 kepada para pemenang pada Jumat 29 Januari 2010 di Gedung Wisma Ahmad Yani Semen Gresik.

Selain penganugerahan, acara akan dimeriahkan dengan bazar inovasi dari seluruh peserta dan diselingi hiburan musik dan tari modern. Para juara akan ditentukan dari tiga tim finalis untuk setiap kategori.

Tim finalis ini merupakan hasil seleksi sangat ketat dari para juri yang merupakan para pakar di bidang teknologi semen dari berbagai perguruan tinggi, diantaranya ITS, Unair serta praktisi Inovasi.

Dalam penyelenggaraan kegiatan ini, Semen Gresik menjalin kerjasama dengan tim ‘Innovation and Knowledge Management’ dari Teknik Industri ITS. "SGIA ini merupakan suatu media yang sangat baik untuk alih pengetahuan secara praktis dan terstruktur," kata Ketua Tim ITS, Ahmad Rusdiansyah.

Melihat kesuksesan pelaksanaan tahun ini, maka Semen Gresik tahun 2010 ini akan memperluas pelaksanaan kegiatan di tingkat grup perusahaan dengan menggandeng Semen Padang dan Semen Tonasa.
(wln/wln) 

Berita Terkait