ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
04 Februari 2010, 08:02

Target Tambah Bosem dan Embung, Banjir Surabaya Bisa Teratasi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kondisi Surabaya yang rata dengan permukaan air laut membuat kota ini rawan banjir. Sebanyak 80 persen diantaranya paling tinggi hanya 5 meter dari permukaan air laut.

Meski demikian, Surabaya merupakan satu-satunya kota yang punya sistem pematusan lengkap. Memang belum semua sistem dilaksanakan karena perlu waktu. Tapi, Prof. JOHAN SILAS Pakar Tata Kota dari ITS Surabaya mengatakan belakangan ini banjir di Surabaya sudah terkendali.

“Hanya jika hujan besar di tempat tertentu. Ini tidak bisa dihindari. Apalagi ada pantai yang dipengaruhi pasang surut laut,” kata JOHAN pada Suara Surabaya, Rabu (03/02).

Menurut JOHAN, banjir yang terjadi di bagian tengah Surabaya lebih sulit diatasi. Jl. Mayjend Sungkono misalnya. Seharusnya bagian tinggi di wilayah tersebut tidak dibangun sepadat sekarang.

“Anehnya, mereka punya izin, ini kan salah Pemkot juga. Sebenarnya pengembang tahu mereka melanggar prinsip dasar,” ujar JOHAN.

Berdasarkan master plan Surabaya tentang banjir, penanggulannya sudah dirancang. Ditargetkan dalam 5 tahun ke depan, sebuah bosem yang memanjang dari utara ke selatan akan dibuat. Saat ini hanya ada 2 bosem di Surabaya yakni Morokrembangan yang direhabilitasi dan bosem Wonorejo seluas 200 hektar.

Selain itu, didukung Pemerintah Provinsi Jawa Timr, Pemkot Surabaya juga membuat waduk kecil atau embung. Ada 7 embung berada di daerah tinggi. Nantinya, air di atas akan ditampung dan tidak diguyurkan ke bawah. Rencananya, 2-3 tahun lagi kawasan Jl. Mayjend Sungkono akan tertolong setelah embung ini dibangun.

JOHAN melihat data tahunan banjir di Surabaya menunjukkan pengurangan. Tinggi dan lama banjir sudah mulai berkurang setiap tahunnya. Ini tidak lepas dari keberadaan 70 rumah pompa di Surabaya. Diharapkan ke depan dengan penambahan bosem dan embung, banjir di Surabaya bukan lagi menjadi persoalan yang selalu terjadi setiap hujan turun.(git)

Berita Terkait