ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
15 Februari 2010, 08:02

18 Komunitas Partisipasi di Waterbird Watching Race

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

FEBRY EKA PRADANA koordinator lapangan Suramadu Waterbird Watching Race 2010 pada suarasurabaya.net, Jumat (12/02), mengatakan, kegiatan ini sebenarnya lebih bersifat fun bagi komunitas pengamat burung.

“Fun untuk menunjukkan bahwa mengamati buruh tidak harus secara serius. Tapi bisa lebih santai dengan hasil yang maksimal. Dalam kegiatan ini, target yang diperoleh masih sebatas membuat lits burung-burung yang ada di kawasan Bangkalan, Madura, Gunung Anyar dan Wonorejo,”ujar FEBRY.

Selama ini, pengamatan burung baru dilakukan di Wonorejo kawasan Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya) yang menjadi tempat singgah burung-burung migran dari Alaska maupun Australia. Tercatat lebih dari 147 spesies burung yang ada di Wonorejo.

Dengan kegiatan ini, ungkap FEBRY, diharapkan daftar spesies benar-benar lebih akurat sekaligus ditemukan burung langka yang belum pernah didaftar. Nantinya data yang diperoleh juga bisa di-sharing dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur.

“Rencananya kita juga membentuk Kantor Perlindungan Burung. Rencana ini sudah disampaikan ke Walikota Surabaya dan mendapat respon yang baik,”ujar FEBRY.

Selain Wonorejo, Bangkalan Madura juga menjadi obyek pengamatan burung bagi komunitas. Pertimbangannya, kalau Surabaya sudah dibuka biodiversitasnya, Madura terutama daerah Ujung Piring Bangkalan juga bisa dilakukan hal serupa. “Karena tujuan aktivitas ini tidak lain untuk konservasi,”pungkas FEBRY.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dan dibuka ARIF AFANDI Wakil Walikota Surabaya. ARIF berharap seluruh peserta bisa mendapatkan hasil secara maksimal dari kegiatan konservasi ini. (tin)

Berita Terkait