ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
24 Februari 2010, 08:02

ITS Ciptakan Terumbu Karang Buatan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kami meneliti sejak tahun 1999, tapi saya dan tim sudah melakukan uji coba di Tuban dan Situbondo," katanya kepada ANTARA di Surabaya, Senin.

Ditemui di sela-sela "Bulan Unjuk Prestasi" dalam rangka 50 Tahun ITS di Plasa Dr. Angka BAAK Surabaya, ia mengatakan terumbu karang buatan yang dirancang bersifat multifungsi.

"Terumbu karang buatan yang sudah ada selama ini hanya berfungsi untuk ekosistem ikan, tapi terumbu karang buatan kami bisa untuk menciptakan ekosistem ikan dan sekaligus mengurangi erosi," katanya.

Oleh karena itu, katanya, dalam uji coba terumbu karang buatan berbentuk kota di Tuban dan berbentuk silinder di Situbondo itu, terumbu karang tidak di laut yang dalam.

"Hasil uji coba kami di Tuban dan Situbondo menunjukkan terumbu karang buatan kami yang tidak terlalu jauh dari pantai itu mampu menjadi restorasi karang dan sekaligus meredam ombak, sehingga erosi pantai pun teratasi," katanya.

Namun, katanya, uji coba di Tuban menimbulkan masalah karena terumbu karang buatan di pantai Tuban itu membuat ikan banyak berdatangan, sehingga para nelayan pun berebut.

"Para nelayan justru banyak mengatur blok-blok tertentu sebagai milik nelayan A, B, C, dan seterusnya, karena itu kami berpikir pemerintah daerah sebenarnya dapat bekerja sama dengan nelayan untuk program terumbu karang buatan itu," katanya.

Dalam pameran bulanan yang kali ini menampilkan FTK ITS sebagai penyelenggara itu juga menyajikan kapal "Garuda" milik ITS Maritime Challenge yang dipersiapkan bertanding ke Midland, Kanada pada 21-31 Juli mendatang.

"FTK memang memiliki tiga jurusan yakni teknik perkapalan, teknik sistem perkapalan, dan teknik kelautan, karena itu ketiga jurusan juga tampil dalam pameran itu," kata Dekan FTK ITS Prof Ir Djauhar Manfaat.

Berita Terkait