ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
22 Maret 2010, 09:03

Lomba Karya Inovatif Siswa SMA oleh Fakultas Teknologi Industri ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Bentuknya bulat seukuran kacang tanah. Warnanya hitam. Benda tersebut terbuat dari bagian dalam kulit pisang raja yang putih. Khasiatnya menghilangkan noda hitam, minyak, dan jerawat pada kulit wajah. Itulah salah satu karya siswa SMA dalam lomba yang diselenggarakan Jurusan Teknik Material dan Metalurgi Fakultas Teknologi Industri ITS.

Cara membuatnya cukup mudah. Yaitu, mengeruk bagian dalam kulit pisang, meletakkannya dalam mangkuk, kemudian menumbuknya sampai halus tanpa diberi air. Jika ingin menggunakannya secara langsung, ramuan itu bisa dioleskan di kulit wajah. Setelah 15 menit, bersihkan wajah dengan air.

Namun, jika ingin menyimpannya, ramuan itu bisa dibentuk bulat, kemudian disimpan dalam plastik. "Nanti bisa berubah jadi hitam sendiri," jelas Kordiati Kugik Farista, siswa SMA Negeri 1 Lamongan, salah seorang pencipta karya tersebut.

Kordiati mengatakan, karya tersebut terinspirasi seorang ibu yang sedang menyusui anaknya. Saat menyusu, biasanya pipi bayi merah. Untuk menghilangkannya, sang ibu mengoleskan bagian putih pisang ke pipi bayi. Tak begitu lama, pipi bayi tersebut kembali pulih. Kordiati pun penasaran dengan bagian dalam kulit pisang itu. Kemudian, dia mengajak teman-temannya untuk membuat ramuan tersebut. "Selain dapat pengalaman, siapa tahu jadi juara," kata Kordiati.

Total ada 13 SMA yang mengikuti lomba tersebut. Mereka berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Selain masker dari kulit pisang raja, ada karya lain, seperti filtrasi air menggunakan briket daun serai karya siswa SMAN 1 Sampang. Lalu, pelepah pisang sebagai bahan baku pembuatan arang aktif dan biofuel karya SMAN 2 Pare.

Menurut dia, panitia juga menolak beberapa karya yang tidak inovatif. Di antara 30 pendaftar, hanya 20 yang diterima. "Selain membuat karya, mereka harus presentasi," tambah dia. (c6/roz)

Berita Terkait