ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
13 Juli 2010, 09:07

Calon Rektor ITS, Probo Tunggu Aspirasi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sinyalemen ini terlihat dari pernyataan Probo terkait ITS sebagai perguruan tinggi riset. “Sebaiknya program kampus untuk menjadi perguruan tinggi riset harus dilanjutkan. Saya berharap rektor yang akan datang mewujudkannya,” ungkapnya, Senin (12/7).

Saat didesak kembali, apakah dirinya tetap akan maju atau sebaliknya, Probo diplomatis menjawab, “lihat saja nanti aspirasi dari bawah bagaimana. Saya masih berpikir untuk bekerja dulu.”

Jabatan Rektor ITS bagi Probo akan berakhir 17 April 2011. Namun, mulai saat ini proses seleksi pemilihan rektor sudah berjalan. Panitia seleksi pada 7 Juli lalu sudah menetapkan 74 bakal calon yang memenuhi syarat. Sebanyak 48 di antaranya adalah guru besar.

Proses dilanjutkan kemarin dengan mengirimkan surat pernyataan kesediaan sebagai bakal calon. Panitia menyediakan waktu hingga 21 Juli untuk menjawab kesediaan itu. Sesuai aturan Permendiknas 67/2008, PT yang belum menjadi BHMN pemilihan rektor ditunjuk Senat. Bahkan, bakal calon langsung dicalonkan oleh panitia.

Wakil Ketua Panitia Seleksi, Prof Dr Ir I Gusti Putu Raka, menyatakan calon rektor akan dipilih 102 anggota senat. Mereka terdiri atas pimpinan lembaga mulai dari rektor, dekan, guru besar, sampai kajur, serta perwakilan lembaga lain yang ditetapkan Senat. “Hasil rapat panitia ditetapkan Rektor ITS harus doktor. Senat nanti hanya akan memilih lima calon sesuai aspirasi dari semua elemen kampus,” kata Putu.

Pemilihan rektor akan digelar 13 November. Sejumlah nama diprediksi akan bersaing. Namun, Rektor Probo untuk saat ini adalah kandidat kuat. Ada nama lain seperti Prof Dr Ir Arif Djunaidi (PR I) juga diprediksi mencalonkan. n fai

Berita Terkait