ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
13 Juli 2010, 14:07

Mahasiswa Minta Dilibatkan di Pilrek ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Keinginan dilibatkan dalam pilrek tersebut disampaikan oleh Presiden BEM ITS Dalu Nuzlul Kirom. Menurut dia, jika sistem pemilihan seperti periode-periode sebelumnya, hasilnya sama. "Tidak ada kejelasan atau transparansi," terang dia.

Dia menuturkan, selama ini seleksi kandidat rektor tidak pernah melibatkan mahasiswa. Akibatnya, tidak diketahui pasti rencana dan arah kepemimpinan rektor satu periode mendatang. "Itu tidak kami inginkan," tegas Dalu.

Saat ini dia bersama jajaran BEM membahas pelaksanaan pilrek tersebut. Pembahasan itu menyangkut agenda pemilihan yang dihelat kampus.

Seperti diberitakan sebelumnya, ITS bakal menyelenggarakan pemilihan pucuk kepemimpinan. Tahapnya mulai berlangsung bulan ini hingga 20 September mendatang. Sekretaris Senat ITS Prof Dr Ir Putu Raka menyatakan, sudah ada 74 kandidat rektor yang ditunjuk panitia.

Mereka diberi formulir kesanggupan dicalonkan sebagai rektor. Formulir itu sedianya dikembalikan paling lambat pada 21 Juli mendatang. Kandidat yang mengembalikan formulir akan maju dalam pemilihan tersebut.

Para kandidat itu akan mendapatkan kesempatan bersosialisasi dan berkampanye. Dari jumlah yang ada, dipilih tiga calon rektor oleh senat. Selanjutnya, nama-nama itu diusulkan kepada menteri pendidikan nasional.

Selama proses tersebut, tak terlihat agenda yang melibatkan mahasiswa. Padahal, papar Dalu, mahasiswa adalah bagian dari kampus. "Kami akan terus mengawal sejak awal sampai selesai," ucap Dalu. (riq/c11/ttg)

Berita Terkait