ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
04 September 2010, 14:09

ITS Pikir Dua Kali Pertukaran Mahasiswa RI-Malaysia

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sejak 2008, jurusan yang diketuai Dr. Sony Sunaryo, M.Si ini jadi sasaran University Teknologi Malaysia (UTM) untuk program Study Exchange. Tiap tahun, Faculty of Science UTM, khususnya Divisi Matematika Industri mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti perkuliahan di ITS selama sepuluh hari.

Rencananya, pertengahan Desember nanti UTM kembali mengirimkan 13 mahasiswanya ke ITS. Tawaran ini diajukan pihak UTM tiga bulan lalu melalui email kepada Jurusan Statistika dan Matematika ITS. Namun, dengan berkembangnya isu "Ganyang Malaysia", Sony perlu berpikir dua kali untuk menjawab tawaran tersebut.

"Khawatirnya kalau kita terima mahasiswa UTM akan ada aksi dari jurusan lain yang menentang kedatangan mereka," ungkap Sony pada okezone, Kamis 2 September.

Tidak mau gegabah, Sony akan melakukan kordinasi sekali lagi dengan pihak-pihak terkait untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Sony sendiri tidak mengkhawatirkan akan ada demonstrasi mahasiswa untuk menolak kedatangan mereka. "Mahasiswa sekarang lebih terbuka, tidak terlalu brutal," imbuhnya.

Yang lebih membuat Sony khawatir justru aksi anti-Malaysia dari pihak lain yang membahayakan keamanan mahasiswa UTM sendiri nantinya. "Kita juga mengikuti perkembangan hubungan ini. Kalau situasi tidak membaik ya mau bagaimana lagi," pungkas Sony.(rhs)

Berita Terkait