ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
15 Oktober 2010, 13:10

Pakar ITS: Surabaya Barat Banjir Karena Drainase Tak Sempurna

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pembangunan drainase ini adalah cara untuk penanggulangan genangan ketika hujan turun. Drainase yang dibangun juga harus merupakan drainase yang terintergrasi dengan baik antara saluran primer-saluran sekunder dan saluran tepi.

"Drainase yang terintergrasi dengan baik akan menguraikan genangan pada wilayah tertentu. Drainase harus segera dibenahi agar tidak ada genangan ketika hujan turun," kata Pakar Banjir dari ITS, Anggraheny saat dihubungi detiksurabaya.com, Jumat (12/10/2010).

Wilayah Surabaya Barat, dalam analisanya, memang masih belum sepenuhnya drainasenya dibangun dengan sempurna. Sekalipun sudah ada drainase yang ada di wilayah tersebut maka ada faktor lain yang menyebabkan air hujan tidak bisa dialirkan dengan baik.

Faktor lain adalah saluran drainase yang tersumbat atau saluran drainase yang belum tersambung antara saluran primer dengan saluran skunder. Air hujan yang seharusnya bisa mengalir dan tidak menggenangi jalanan jadi tidak bisa mengalir sesuai dengan harapan.

"Memang banyak faktor yang menyebabkan genangan tersebut. Kalau pun sudah ada drainase yang dibangun di wilayah Surabaya Barat berarti saluran itu belum
tersambung dengan baik," tuturnya.

Selain itu, proyek pembangunan saluran air di wilayah Banyu Urip juga diduga menjadi penyebab adanya genangan air di wilayah Surabaya Barat. Sehingga ia mengimbau kepada Pemkot Surabaya untuk bekerja lebih cepat agar genangan-genangan air tidak terjadi di kemudian hari. (stv/wln) 

Berita Terkait