ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
01 November 2010, 13:11

Mendiknas Belum Terima Nama Carek ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Apakah akan diberikan sepenuhnya kepada salah satu calon rektor atau dibagi rata, semua bergantung sosok M Nuh selaku Mendiknas. “Apakah semuanya utuh sisa suara ini akan saya berikan kepada calon rektor tertentu, lihat saja nanti,” ungkap M Nuh ditemui di Surabaya, Minggu (31/10).

Jumlah suara 35 persen ini utuh menjadi kewenangan Mendiknas. Sementara suara 106 anggota Senat ITS sebesar 65 persen terdistribusi pada tiga kandidat yang diajukan sebagai calon rektor (carek).

Dari 104 suara sah di senat, Probo yang merupakan incumbent meraih dukungan 60 suara. Disusul Triyogi Yuwono dengan 39 suara dan kemjudian di tempat ketiga ditempati Daniel M Rasyid dengan tiga suara senat. Meski telah memenangi pemilihan di tingkat senat, namun sesuai Permendiknas 24 tahun 2010, hasil ini harus dikonversikan dengan suara Mendiknas 35 persen.

Meski senat ITS telah menggelar pemilihan pada 22 Oktober lalu. Namun hingga saat ini, hasil laporan pemilihan ini belum juga sampai di Mendiknas. Padahal dalam Permendiknas maksimal tiga bulan sebelum masa bakti habis, harus sudah ada rektor definitif. Rektor Probo sendiri habis masa jabatannya pada Maret mendatang.

“Belum, belum ada di meja saya laporan berita acara hasil pemilihan rektor ITS. Namun saya sudah mendengar hasilnya. Bahkan saat ini mulai terdengar rumor bahwa saya tidak akan memberikan suara itu pada incumbent. Ini tidak benar. Bisa juga saya memberikan sepenuhnya pada incumbent, semua bergantung saya,” tandas Nuh.

Rumor itu diciptakan karena periode lalu, Nuh dan Probo saling bersaing mencalonkan diri menjadi Rektor ITS. Meski di penjaringan suara di tingkat mahasiswa, dosen, dan karyawan Nuh menang, tapi di tingkat senat kalah.

Kemudian sesuai aturan lama sebelum PP 60 2010 dan Permendiknas tentang pengangkatan dan pemberhentian rektor, presiden melalui Mendiknas memutuskan Probo rektor. Berakhir jabatannya, Probo maju lagi danmenang di senat.

“Sisa suara ini tidak akan terpengaruh dengan hal itu. Bisa jadi suara akan saya bagi rata. Semua sifatnya masih kemungkinan sebelum hari H itu terlewati,” kata Nuh.nfai

Berita Terkait