ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
05 November 2010, 10:11

21 Universitas Asing Hadiri IUPF di ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

"Pertemuan Forum Rektor Internasional (IUPF) untuk menyeramakkan Dies Natalis ke-50 ITS itu juga akan dihadiri 40 PTN/PTS," kata ketua pelaksana IUPF 2010 Prof Djauhar Manfaat di Surabaya, Kamis.

Didampingi Pembantu Rektor IV (bidang kerja sama) ITS Surabaya Prof Eko Budi Djatmiko, ia menjelaskan 40 PTN/PTS yang hadir itu termasuk 11 universitas yang selama tergabung dalam FInD-11 (Forum for Integrated Development of 11 Universities).

"Kami sengaja mengundang PTN/PTS lain, karena kerja sama dengan universitas asing itu lebih mudah bila dilakukan secara konsorsium beberapa PTN/PTS dengan PTLN, sedangkan kalau U (university) to U agak rumit," katanya.

Dekan Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) ITS itu mengatakan forum rektor internasional akan membahas kerja sama atau sinergi dalam lima bidang yakni ICT, energi, kelautan, permukiman, dan lingkungan.

"Ke-21 PTLN itu berasal dari empat benua, karena PTLN dari Afrika berhalangan hadir, sedangkan PTLN yang bersedia hadir dari Jepang, Malaysia, Nepal, Srilanka, Thailand, Korea, Austria, Jerman, AS, dan Australia," katanya.

Ke-21 PTLN antara lain Universitas Kumamoto, Jepang; Universitas Kobe, Jepang; Institut Teknologi Toyohashi, Jepang; Universitas Nasional Taiwan; dan Universitas Sains dan Teknologi Nasional Taiwan.

Sementara itu, ke-11 universitas yang tergabung dalam FInD-11 adalah ITS, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Mulawarman, Universitas Tanjungpura, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Trunojoyo, Udayana, Universitas Mataram, Universitas Nusa Cendana, Universitas Cendrawasih, dan Universitas Patimura.

"Pertemuan Forum Rektor Internasional antara Presiden PTLN dan 40 Rektor PTN/PTS itu akan membahas kerja sama akademik di bidang energi, kelautan, permukiman, lingkungan, dan ICT, termasuk kemungkinan penandatanganan MoU dalam workshop itu," katanya.

Setelah workshop pada 8 November yang akan dihadiri Mendiknas, Menteri Kelautan dan Perikanan, dan Menteri Negara Perumahan Rakyat itu, para rektor universitas asing itu akan mengikuti "technical tour" pada 9 November.

"Technical tour akan dilaksanakan dengan mengunjungi Jembatan Suramadu, PT Dok Perkapalan Surabaya, PT Semen Gresik, dan pameran teknologi ITS di Tunjungan Plaza (TP) Surabaya yang antara lain menampilkan mobil ‘Sapu Angin’. Pameran berlangsung pada 6-10 November," katanya.

Acara puncak pada 10 November adalah ke-21 Presiden PTLN itu akan menghadiri sidang senat terbuka pada puncak resepsi Dies Natalis ke-50 atau Dies Natalis Emas ITS.

Berita Terkait