ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
16 November 2010, 10:11

Lansia Nggowes Jakarta – Surabaya 5 Hari

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kayuh sepeda Jakarta – Surabaya ini juga membuktikan handalnya sepeda ciptaan ITS, yakni sepeda Flexy Knock Down. Sepeda ini merupakan sepeda satu untuk semua. Bisa diatur sesuai ukuran, menyesuaikan medan, atau disesuaikan kondisi badan. Kalau capek, setir bisa ditinggikan. Selain itu, sepeda ini bisa dilipat.

“Kami bersyukur kembali ke Surabaya dalam kondisi sehat walafiat kembali. Ini lihat sendiri, kami semua segar bugar. Bersepeda memang menyehatkan,” ujar Gunawan, 61, yang mengaku sembuh dari penyakit jantung setelah rutin bersepeda.

Nggowes tiba di kampus mereka sekitar pukul 08.00 WIB setelah menyelesaikan etape terakhir dari Tuban, Lamongan, dan Gresik. Jarak hampir seribu km itu ditempuh dalam waktu lima hari. Rute yang mereka lalui start dari Lapangan Monas Jakarta, Pamanukan, Indramayu, Cirebon, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Kudus, Pati, dan Rembang. Dari Jateng dilanjutkan ke Tuban, Gresik, dan finish di Surabaya.

“Di setiap kota itu kami harus istirahat. Menginap dan kemudian dilanjutkan lagi menuju rute yang sudah disepakati. Tantangan yang menyehatkan. Saya dan teman-teman kuat karena memang setiap hari kami selalu bersepeda,” tambah Ihramullah, lansia yang lain.

Acara yang merupakan rangkian dari Ulang Tahun ITS ke-50 tahun tersebut dimulai sejak 7 November lalu. Rombongan lansia itu pergi ke Jakarta dengan kendaraan. Sepeda mereka diangkut dan memulai mengayuh pedal dari Monas. Sebanyak 18 peserta menembus medan panjang. Mereka dilepas oleh Ketua IKA ITS Jakarta Raya, Sunaryo Suhadi di Lapangan Monas pagi. Tiba di Gedung Robotika ITS pada Minggu pagi kemarin.

“Kami senang dan bertambah semangat karena saat sampai di Semarang bertambah tiga dan peserta menjadi 21 orang,” tambah Budi Utomo, lansia yang lain.fai

Berita Terkait