ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
24 November 2010, 11:11

Aksi Peduli Laut ala ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Selama dua hari, berbagai kegiatan akan dihelat di Pantai Pasir Putih, Situbondo, Jawa Timur. Salah satunya penanaman terumbu karang. Kegiatan tersebut didasari kenyataan bawa terumbu karang Indonesia saat ini sedang terancam. Data Coral Reef Rehabilitation and Management Program (COREMAP) menunjukkan, lebih dari 42,59 persen terumbu karang Indonesia dalam kondisi rusak berat.

“Dengan penanaman karang ini diharapkan kondisi ekosistem terumbu karang di perairan Pasir Putih, Kabupaten Situbondo akan meningkat,” ujar ketua Program Studi Biologi ITS Dian Saptarini seperti dinukil dari situs ITS, Selasa (23/11/2010).

Dijadwalkan, ada 50 penyelam dari berbagai kalangan akan ambil bagian dalam kegiatan penanaman terumbu karang tersebut. Mereka adalah penyelam perorangan, penyelam dari instansi pemerintah, anggota Polri dan TNI, anggota POSSI, anggota klub-klub selam, dan mahasiswa perguruan tinggi di Jawa Timur.

Selain itu, kampanye peduli lingkungan laut ITS juga akan diisi dengan aksi pembersihan sampah di pesisir pantai dan bawah laut serta penyebaran benih dan penanaman cemara udang sebagai salah satu tumbuhan peneduh di wilayah pesisir. Ratusan pelajar dan masyarakat di sekitar Situbondo direncanakan akan turut serta dalam aksi tersebut.

ITS tidak sendirian dalam menggelar kampanye peduli lingkungan laut. Mereka juga menggandeng berbagai pihak untuk ikut turun tangan seperti pemerintah daerah setempat, Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur, berbagai perguruan tinggi di Jawa Timur, TNI dan Polri, serta pelajar sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA).

“Dengan sinergi ini, kami berharap dapat mengurangi kerusakan ekosistem laut akibat kegiatan manusia yang tidak ramah lingkungan,” ujar Ketua Panitia Kampanye Peduli Lautku Lestari Haryo Dwito Armono. (rfa)(rhs) 

Berita Terkait

ITS Media Center > Lainnya > Aksi Peduli Laut ala ITS