ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
14 Desember 2010, 14:12

SBY Ingin ITB dan ITS Jadi MIT-nya Indonesia

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Harapan tersebut disampaikan presiden ketika memberikan kuliah umum di Graha ITS yang di-relay ke beberapa kampus di Indonesia, Selasa (14/12/2010).

"Saya punya harapan ITB dan ITS akan menjadi MIT-nya Indonesia," tuturnya.

Menurut SBY, dengan dukungan dalam penguatan sistem inovasi nasional dan juga implementasi di industri, maka sektor industri dan teknologi di Indonesia akan semakin kuat.

"Innovation Nation dan Innovated Nation bisa membanggakan bangsa ini. Semoga berhasil membangun cetak biru, roadmap dan pikiran-pikiran yang dapat menjangkau masyarakat," katanya.

Mengenai rencana pembangunan Innovation Park yang akan dibangun oleh ITB, SBY mengatakan bahwa dirinya berharap bisa diikuti oleh kampus-kampus yang lain.

"Mudah-mudahan ini (Innovation Park – red) bisa dikembangkan di tempat lain," tandasnya.

Rektor ITB, Akhmaloka sebelumnya mengatakan bahwa taman inovasi diharapkan dapat menjadi wadah untuk menumbuhkan inovasi dan kreativitas di lingkungan kampus.

"Banyak potensi inovasi yang dimunculkan oleh fakultas dan pusat-pusat penelitian di kampus. Ada inovasi teknologi, bisnis, desain serta inovasi lainnya," ujarnya.

Untuk itu, Ahmaloka pun tidak ingin inovasi-inovasi tersebut hanya menjadi publikasi laboratorium atau jurnal semata. Tetapi juga bisa diimplementasikan dan terbukti manfaatnya bagi masyarakat.
( afz / ash ) 

Berita Terkait