ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
27 Januari 2011, 10:01

Dubes AS Beri Kuliah di ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam paparannya Scot mengatakan, saat ini kedubes AS di Jakarta, Konjen AS di Surabaya dan Medan meningkatkan dukungan terhadap program, kewirausahaan. Termasuk peluncuran dua jenis pendanaan untuk mendukung kewirausahaan di Indonesia. “Entrepreneurship merupakan salah satu bidang yang berkembang cepat dalam kemitraan komprehensif kita, sukses dalam memperkuat hubungan dan keterikatan orang per orang untuk keuntungan ekonomi kedua negara,” katanya.

AS sendiri bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dan sektor swasta membuat the Global Entrepreneurship Program Indonesia (GPEI). GPEI meliputi misi pertukaran kewirausahaan yang menghubungkan investor sukses Amerika dengan partner di Indonesia, mensponsori kompetisi desain software bekerja sama dengan Microsoft untuk menemukan inovator Indonesia yang menjanjikan, mensponsori kompetisi perencanaan bisnis dan entrepreneurship. "Di Amerika, 90 persen warganya yang lulusan S1 merupakan wirausahawan, 10 persen sisanya wirausawahan dari kalangan keluarga," katanya.

Hal ini, lanjut Scot, menunjukkan bahwa sarjana di AS lebih tertarik menjadi wirausahawan.

Pembantu Rektor IV, Prof Eko Budi Djatmiko mengatakan, kuliah umum bisa memberikan pencerahan kepada mahasiswa ITS. Apalagi, banyak mahasiswa ITS yang sudah menjadi wirausahawan. “Ini bagus, karena bisa menciptakan lapangan kerja,” kata Eko.

ITS sendiri mendukung mahasiswanya yang memilih menjadi wirausahawan. Terbukti, dengan adanya Pasar Minggu ITS (PAMITS) yang diadakan oleh mahasiswa ITS tiap Minggu. PAMITS sudah digelar sejak Desember tahun lalu. Hanya saja, PAMITS masih digelar sekali dalam sebulan. "Kegiatan ini bertujuan untuk membantu mahasiswa ITS dalam mengaplikasikan minat dan kemampuannya dalam berwirausaha," ujar Eko. (rfa)(rhs) 

Berita Terkait