ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
07 Mei 2011, 09:05

Robot PENS ITS Unggul di Putaran Awal

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

"Kami akan mencari yang terbaik untuk dikirim ke ajang internasional pada tahun 2012," kata Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P2M) Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemdiknas Prof Suryo Hapsoro saat membuka KRI-KRCI Regional IV (Jatim dan Bali) itu.

Tema KRI 2011 adalah Larungan yang mengadopsi tema kontes robot dunia 2011 yaitu ‘Loy Krathong’. Di Regional IV, KRI diikuti 16 tim robot dari 16 universitas.

Sementara itu, Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) kategori Battle (robot cerdas pemain sepak bola atau humanoid) diikuti delapan tim robot, KRCI kategori berkaki (pemadam api) diikuti 16 tim robot, dan KRCI kategori beroda (pemadam api) diikuti 28 tim robot.

Pembukaan KRI-KRCI Regional IV yang seluruhnya diikuti 68 tim robot dari 31 universitas itu diawali dengan defile penampilan seluruh tim yang mengikuti pertandingan, lalu diakhiri dengan tari Cunduk Menur dari Banyuwangi.

Di putaran awal, hanya dua dari 16 tim robot KRI yang dapat menyusun Krathong (karangan bunga) dengan sempurna, yaitu Harm-vy dari ITS dan P-Next dari PENS.

Berita Terkait