ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
10 Juni 2011, 08:06

Tim Robot ITS Targetkan Juara di Yogyakarta

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Di sela-sela pelepasan tim robot ITS Surabaya oleh Rektor ITS Prof Triyogi Yuwono di halaman Rektorat setempat, Ketua Tim Robot ITS, Ir Wiranto Argo Asmoro MSc, mengatakan, tim robot ITS sudah mempersiapkan semuanya dengan matang.

"Robot ITS itu telah mendapat perhatian lebih, mulai dari perbaikan hingga mencari strategi baru. Latihan terakhir ada peningkatan performance. Mudah-mudahan bisa menang," katanya.

Bahkan, dalam latihan terakhir, seluruh robot telah menunjukkan performa yang memuaskan. Dalam uji coba terakhir, hasil uji coba KRI ternyata lebih cepat 1,15 detik dari rekor Vietnam.

Tim Robot ITS yang turut bertanding di final adalah Harm-Vy di KRI, Kikku di KRCI (Kontes Robot Cerdas Indonesia) Divisi Battle Humanoid Robosoccer, Adi-thata di KRSI (Kontes Robot Seni Indonesia), dan Al-Kamiil.

Tim robot telah melakukan perbaikan dan persiapan terus, bahkan untuk robot Kikku mendapat perhatian dalam kontrol kamera, sehingga tidak hanya bisa menggiring bola, tapi juga menendang ke gawang.

"Karena itu, kami menargetkan juara dan melaju ke tahap Internasional," katanya.

Sementara itu, Rektor ITS Prof Triyogi Yuwono mengaku bangga dengan perjuangan tim robot, sebab dengan melajunya ke tingkat nasional itu menandakan usaha dan kerja keras tim.

"Tidak perlu khawatir dengan apa yang akan terjadi di UGM. Yang penting adalah proses untuk mencapai hasil akhir. Bagi saya, kalian sudah berhasil menjalankan proses ini sampai tahap final," katanya.

Triyogi juga berpesan agar tim tidak takut kalah saat pertandingan nanti. "Soal hasil percayakan kepada Allah, yang penting optimistis," ujarnya.

Berita Terkait