ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
13 Juni 2011, 08:06

ITS Ikut Pembukaan Kontes Robot Indonesia (KRI)

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sebanyak 101 tim ini merupakan hasil seleksi dari empat regional yang terbagi dalam tiga kontes. Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) pemadam api dan humanoid soccer league, serta Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI).

Khusus untuk KRCI Pemadam Api dibagi dua divisi, yakni divisi beroda dan divisi berkaki. Untuk tim ITS, meloloskan tim Harm-vy untuk KRI, Al Kamill untuk KRCI pemadam api beroda, KikKu untuk KRCI Soccer league serta Adi’thata untuk KRSI.

Pada pembukaan KRN ini, ada suguhan menarik yang disajikan panitia. Bak tamu kraton Ngayogyakarta, rombongan defile peserta dikawal oleh prajurit Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Tak hanya itu, tarian Klono Topeng yang merupakan tarian dalam KRSI juga tak luput ditampilkan.

Acara dibuka oleh Dirjen Dikti Prof Dr Ir Djoko Santoso MSc, ditandai dengan pembunyian sirine. Djoko menuturkan, kontes robot ini merupakan ajang Indonesia untuk unjuk diri kepada masyarakat luar negeri, kalau Indonesia juga paham teknologi robot.

Usai membuka, Djoko serta hadirin disuguhi atraksi akrobatik robot dan berakhir dengan sikap hormat kepada Piala Bergilir KRN. Penonton pun riuh tepuk tangan bangga.

Piala bergilir KRN ini kemudian diserahkan direktur PENS-ITS, Ir Dadet Pramadihanto MEng PhD selaku juara umum 2010 lalu kepada panitia penyelenggara KRN 2011.[ted]

Berita Terkait