ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
13 Juni 2011, 09:06

Robot PENS ITS Ungguli UGM

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Robot manual P-Next dapat dikendalikan cepat daripada Garuda. Namun, keduanya sempat berbenturan dan berebut tempat ketika akan meletakkan salah satu kerangka mahkota. Dengan gesit, wasit melerai kedua robot dan menyilahkan robot P-Next yang datang terlebih dahulu untuk meletakkan bagian.

Persaingan sengit tidak terhenti di robot manual saja. Pelarungan rangkaian krathong oleh robot otomatis di sungai juga hanya selisih 10 detik saja, namun tetap saja keduanya dalam posisi perolehan nilai yang sama hingga 3 menit berakhir.

Kemelut saat penilaian pun terjadi. Nampak tim juri perlu waktu lebih dari 5 menit untuk memutuskan pemenangnya. Namun, keputusan tim juri berbeda dari harapan.
"Kami melihat dengan keterbatasan teknologi, ada dugaan robot manual P-Next memberi instruksi robot otomatis untuk bergerak, namun juga kami belum bisa memastikan sehingga keputusannya adalah tanding ulang," ujar salah satu dewan juri disambut sorak sorai pengunjung yang hadir.

Dalam pertandingan ulang, kedua tim berlaga dengan seimbang. Hingga akhir pertandingan, kedudukan hampir seimbang. Namun, tim juri memutuskan tim P-Next unggul dengan nilai 150 dibanding Garuda dengan nilai 100

Tidak hanya itu, kedua tim juga memiliki jumlah supporter yang lebih banyak dibandingkan dengan tim-tim lain. Beberapa seruan saling balas oleh kedua supporter tim tersebut. Meski demikian, suasana tetap kondusif. "Walau beda kota, kita tetap saudara," teriak kedua supporter lantang. [sya/but]

Berita Terkait

ITS Media Center > Lainnya > Robot PENS ITS Ungguli UGM