ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
05 Juli 2011, 10:07

Tim Eco Shell Marathon Dilepas Rektor ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pelepasan itu dilakukan di Gedung Rektorat ITS lantai 1 Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono, DEA secara simbolis melepas kepergian mereka untuk berlaga di Sirkuit Sepang, Malaysia. Dalam pidatonya, Rektor ITS menyampaikan apresiasinya terhadap tim Mesin ITS.

"Bagi saya, kalian sebenarnya telah menjadi juara. Yang paling penting adalah proses learning, transformasi dan teamwork yang sudah kalian lakukan selama ini," kata Prof Tri Yogi, Senin (4/7/2011).

Setelah pelepasan tersebut, rencananya Selasa (5/6/2011) mereka akan bertolak ke Malaysia untuk melakukan persiapan awal sebelum lomba.

"Tanggal 6 Juli nanti kami akan melakukan persiapan dan test drive di sana," ujar Eko Hardianto, selaku ketua tim dari Machine ITS.

Tahun ini ITS mengirimkan tiga timnya untuk berlaga di lomba internasional tersebut. Di kategori Urban Concept (City Car) mereka menempatkan dua tim dengan mobil masing-masing Sapu Angin 3 dan 4.

Perbedaan antara Sapu Angin 3 dengan Sapu Angin 4 terletak pada bahan bakar yang digunakan. Sapu Angin 3 menggunakan bensin untuk bahan bakarnya, sedangkan Sapu Angin 4 menggunakan bahan bakar solar.

Di kategori prototype mereka mengirimkan Sapu Angin 5. Dengan berat hanya 45 kg, Sapu Angin 5 ditargetkan dapat mencapai jarak 1.500 Kilometer per liter.

"Tentu kami optimis, persiapan yang kami lakukan kira-kira sudah mencapai 90 persen, semoga tidak ada hambatan yang mengganggu," tandasnya.

(fat/fat)

Berita Terkait