ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
25 Juli 2011, 09:07

ITS Pertahankan Juara Umum II PIMNAS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

"Kepastian kemenangan itu dibacakan pada upacara penutupan Pimnas XXIV di gedung Baruga Andi Pangerang Pettarani Unhas, Kamis (21/7) malam," kata wakil ketua Tim Pimnas ITS, Putu Gde Ariastita, di Surabaya, Jumat.

Meski gagal merebut posisi pertama, setidaknya ITS masih mampu mempertahankan posisi kedua sebagai juara umum dalam Pimnas XXIV 2011 dengan tiga emas, tiga perak dan empat perunggu.

"Jumlah emas yang diraih itu sama persis dengan Pimnas tahun 2010 di Denpasar, Bali," katanya.

Untuk peringkat pertama tetap dipertahankan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dengan tujuh emas (tahun lalu hanya lima emas), satu perak, dan dua perak.

Dalam Pimnas 2011, UGM juga tercatat terbanyak pertama yang meloloskan PKM (program kreatifitas mahasiswa), yakni sebanyak 39 PKM, sedangkan ITS di posisi kedua dengan 32 PKM.

Pada lomba presentasi PKM, ITS gagal memperoleh medali di kategori PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKMM).

Tiga emas diperoleh ITS dari kategori PKM Gagasan Tulis (PKMGT) kategori 1, PKM Teknologi (PKMT) 1, dan PKM Penelitian (PKMP) 1.

Untuk perak disumbangkan dari PKMT kategori 3, PKM Kewirausahaan (PKMK) 1 dan 2, sedangkan untuk perunggu berasal dari kategori PKMGT 2, PKMT 1, PKMT 2, dan PKMP 4.

Untuk lomba poster PKM, ITS meraih satu emas dari PKMK kategori 1, sedangkan tiga perak dari PKMM 1, PKMM 3, dan PKMP 3. Untuk empat perunggu dari kategori PKMT 3, PKMGT 1, PKMK 3, dan PKMP 2.

Pada lomba penunjang berupa Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), ITS berhasil meraih posisi pertama dan kedua pada bidang Kemaritiman kategori Teknologi Kelautan, serta posisi kedua pada bidang Kewirausahaan.

Menurut dia, masih ada beberapa hal yang harus ditingkatkan lagi dari tim ITS untuk menghadapi Pimnas di tahun-tahun mendatang.

"Perbaikan itu antara lain kualitas mahasiswa ketika menjawab pertanyaan juri pada saat presentasi. Selain itu, juga perlu dilakukan penambahan SDM untuk mendukung lomba itu. Mahasiswa ITS cukup bersemangat, tapi jumlah dosen pembimbing masih kurang dengan jumlah 1:3, yakni satu dosen membimbing tiga tim," katanya.

Ke-10 peraih penghargaan PIMNAS XXIV Makasar adalah UGM, ITS, Universitas Negeri Semarang, IPB, UB, Unair, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara, Universitas Muhammadiyah Surakarta, ITB, dan Unpadj.

Berita Terkait