ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
26 Juli 2011, 14:07

200 Karya Baik Mahasiswa ITS Dipamerkan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Salah satu karya yang menarik perhatian para pengunjung adalah EEPIS Segway Generation (ESG 2). Karya ini berupa pengembangan dari Segway yang telah ada sebelumnya. Bedanya, karya ini tidak dioperasikan dengan berdiri.

Yang merancang adalah Dila Arya Nugraha, Christian D P N dan Kamajaya Putra yang merancang ESG 2. "Sebenarnya, ESG 2 terinspirasi dari Segway berdiri buatan senior saya dulu," terang Christian ketika di temui di lokasi, Selasa (26/7/2011).

Christian mengaku, karya TA ini diproyeksikan sebagai kendaraan masa depan karena bentuknya yang minimalis. Sehingga, diharapkan bisa mengurangi penggunaan jalan.

"Kelebihannya, tidak hanya orang normal tetapi orang cacat juga dapat mengoperasikannya," lanjut mahasiswa Teknik Komputer ini.

ESG 2 yang dihasilkan ini menggunakan energi accu. Hanya saja, ketahanan baterai terbilang masih lemah. Pasalnya, hanya mampu bertahan selama setengah jam untuk operasi yang kontinu.

Proses pembuatan ESG 2 ini tidak terbilang cukup menguras tenaga dan biaya. Pasalnya, tak kurang dari 1.5 tahun waktu yang dibutuhkan mulai dari penelitian hingga merangkainya. Apalagi peralatan yang diperlukan untuk pembuatan masih jarang ditemui di pasar.

"Akhirnya, kami mulai dari nol," katanya.

Biaya yang dihabiskan mencapai lebih dari Rp 10 juta. "Dari PENS sendiri kami dapat 8 juta," terang mahasiswa Jurusan Mekatronika ini.

Secara singkat, ia menjelaskan jika ESG 2 ini masih memakai semi otomatik sistem. Sehingga masih bergantung pada keahlian si pengendara untuk mengoperasikannya.

Sayangnya, ESG 2 ini hanya dapat dioperasikan di jalan mendatar saja. "Untuk naik tangga masih dalam penelitian," tandasnya.

Lebih lanjut, ia menegaskan jika ESG 2 ini masih membutuhkan pengembangan lebih lanjut baik dari segi operasi maupun strukturnya.

(fat/fat)

Berita Terkait