ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
15 September 2011, 10:09

3 Mahasiswa ITS Sabet Penghargaan RINA-DPS Awards

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Bentuk apresiasi ini diberikan oleh sebuah organisasi internasional yang bergerak di bidang kelautan, yaitu Royal Institute of Naval Architects (RINA) yang berpusat di London, Inggris, dan PT Dok dan Perkapalan Surabaya (DPS).

Menurut Ketua Panitia RINA-DPS Awards, Hasanudin, tahun ini merupakan kali keempat ITS memberikan penghargaan tersebut. "Ini adalah kali keempat FTK menyelenggarakan RINA-DPS Awards," kata Hasanudin seperti dilansir dari ITS online, Rabu (14/9/2011).

Dosen Teknik Perkapalan ini menjelaskan, peserta RINI-DPS Awards kali ini merupakan para mahasiswa yang akan diwisuda pada September ini dan peraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi di setiap jurusan yang ada di FTK.

"Kami ambil tiga terbaik di setiap jurusan di FTK, dan hasilnya ada sembilan peserta yang mengikuti tahapan seleksi selanjutnya," ujarnya.

Proses seleksi berlangsung sangat ketat dengan tim juri yang berjumlah delapan orang yakni anggota RINA, PT DPS, dan perwakilan dari setiap jurusan di FTK. Para peserta ini harus mempresentasikan hasil riset TA mereka dalam bentuk slide power point, dan menyampaikannya dalam bahasa Inggris.

"Yang dinilai tidak hanya kreativitas maupun objektivitas, melainkan metodologi dan sisi manfaat hasil penelitian," tutur pria berperawakan ramah ini.

Setelah melewati rangkaian proses seleksi tersebut, terpilihlah tiga orang mahasiswa peraih RINA-DPS Awards kali ini yaitu Gede Wahyu Yoga Dana dari Teknik Perkapalan, Dini Rachmawati Santoso dari Sistem Perkapalan, dan Luh Putri Adnyani dari Teknik Kelautan.

Perwakilan RINA cabang Indonesia, Ika Pria Utama, mengatakan kemampuan berbahasa Inggris para peserta RINA-DPS Award sangatlah penting sebab mereka adalah mahasiswa terbaik di FTK yang harus masuk dunia global.

"Pemenang akan mendapatkan penghargaan dari Chief Executive RINA Trevor Blakeley berupa sertifikat dan namanya akan dicantumkan dalam dokumen RINA," ucapnya.

Sementara bagi yang tidak menang, lanjutnya, akan mendapatkan keanggotaan RINA selama satu tahun.

Selain itu, ketiga peraih RINA-DPS Awards tahun ini juga berhak mendapatkan sertifikat dari fakultas dan beasiswa sebesar Rp1,5 juta serta mandapatkan status free membership pada level graduate member, dan berhak atas berbagai fasilitas member dari RINA di antaranya jurnal ilmiah, majalah, dan berbagai seminar.(rhs)

Berita Terkait