ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
29 September 2011, 08:09

Paduan Suara Mahasiswa ITS Unjuk Suara di Italia

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ini merupakan kali kedua PSM ITS unjuk gigi di dunia Internasional. Sebelumnya, pada 10-13 November 2010 lalu, PSM ITS berhasil menggondol 2 emas di 2010 Busan Choral Festival and Competition.

Prof Dr Ir Triyogi Yuwono DEA Rektor ITS dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Rabu (28/9/2011) mengatakan, kiprah PSM ITS sudah sangat dikenal di kalangan internasional. Sebab, sudah beberapa kali memenuhi undangan untuk mengikuti kompetisi serupa.

"Undangan untuk mengikuti kompetisi ini kan sudah merupakan bukti bahwa PSM ITS patut diperhitungkan di kalangan internasional," katanya saat melepas keberangkatan anggota PSM di Gedung Rektorat ITS.

Yogi mengaku tidak muluk-muluk ingin PSM membawa kemenangan sekembalinya ke tanah air mendatang. Sebab, proses yang selama ini mereka lakukan sudah merupakan suatu kemenangan tersendiri.

"Yang penting dijalani dengan keyakinan. Kalah menang itu wajar. Menang Alhamdulillah," ungkapnya.

Dr. Ing Bambang Soemardiono pembimbing PSM ITS menambahkan, anggota PSM ITS sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi ini sejak 6 bulan lalu. Mulai dari mengirimkan CD berisi aksi mereka di beberapa pertunjukan, hingga dinyatakan lolos mengikuti kompetisi sesungguhnya. "Mereka sudah berusaha mati-matian. Kami berharap, kami mendapatkan juara lagi," tuturnya.

Sebelum mengikuti kompetisi di Rumini, anggota PSM akan singgah di Kota Marseille Perancis untuk mengisi acara kebudayaan "Foire Internationalle de Marselle" atas undangan Kedutaan Besar Perancis untuk Indonesia.

Arif Munandar Ketua PSM ITS menjelaskan, di Rumini nanti, PSM ITS akan mengikuti dua kategori lomba yaitu mixed choir untuk kategori lagu-lagu klasik dan folklore untuk kategori lagu daerah. "Target kami meraih emas," ujarnya.

Tim dari Indonesia ini nantinya akan 18 negara dari berbagai belahan dunia untuk mendapatkan gelar bergengsi grandprix. Meskipun begitu, PSM ITS tetap optimistis bisa meraih kejuaraan tersebut. Karena tahun lalu, mereka juga pernah menang dalam kompetisi PSM tingkat internasional di ajang Busan Choral Festival and Competition. "Mudah-mudahan kali ini kami mendapatkan grandprix," harapnya. (edy)

Berita Terkait