ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
08 Desember 2011, 10:12

ITS Gelar Diskusi Kesetaraan Gender

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Isu ini telah berhasil menjadi arus utama dalam dokumen pendidikan yang tertuang dalam program pemberdayaan perempuan. Kesetaraan atau keadilan gender sudah masuk dalam dokumen perencanaan strategis maupun dokumen perencanaan operasional.

Pembantu Rektor IV Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Prof Darminto mengatakan, begitu pentingnya isu gender ini hingga membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memasukkan program pendidikan karakter dalam kurikulum pendidikan di sekolah. Tentunya, hal itu sangat penting bagi generasi muda Indonesia.

"Pendidikan karakter sangat penting. Terutama untuk peningkatan kualitas hidup perempuan dan anak," kata Darminto dalam rilisnya yang diterima okezone, Rabu (7/12/2011) usai diskusi dengan Pusat Studi Wanita/Pusat Studi Gender (PSW/G).

Ketua PSW/G Jatim, Lilik NH menambahkan, perguruan tinggi tentunya memiliki peranan penting sebagai unsur penggerak di masyarakat.

Sebab, perguruan tinggi memiliki keilmuan dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bagus. Terutama dalam pemberdayaan perempuan untuk mendukung pembangunan yang responsif gender. Termasuk, mempercepat pelaksanaan pengarusutamaan gender melalui hasil kajian kebijakan untuk mendukung analisis gender.

"Berkaitan dengan pengembangan kapasitas PSW/G partisipatoris diperlukan jaringan networking antar-PSW/G untuk bersinergi mengembangkan keunggulan spesifiknya agar dapat berkontribusi efektif bagi pembangunan yang responsif gender," ujarnya.

Dalam diskusi ini dibahas juga upaya pemberdayaan ekonomi perempuan melalui pengembangan manajemen usaha kecil, kekerasan berbasis gender, kesehatan ibu dan penyusunan strategi implementasi pemerataan dan kesetaraan gender berbasis gender development index dan gender empowerment measure di Kabupaten Situbondo.(rfa)

Berita Terkait