ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
18 Januari 2012, 10:01

Teliti Model Kontroler, Ginarsa Sandang Gelar Doktor

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dia adalah I Made Ginarsa. Mahasiswa S-3 jurusan Teknik Elektro ITS ini memilih penelitian tentang pengendalian kekacauan (chaos) dan voltage collapse mengingat beban pada sistem tenaga listrik tumbuh dengan pesat. Sementara itu, pembangunan pembangkit dan saluran transmisi berjalan sangat lambat akibat faktor ekonomi dan lingkungan.

Maka, Ginarsa pun menciptakan model kontroler untuk membantu sistem tenaga listrik pada operasi untuk keadaan beban kritis.

Ketika ditanya mengenai implementasi dari penelitiannya, pria kelahiran 41 tahun silam ini mengungkapkan, alat tersebut akan mulai direalisasikan pada tingkat laboratorium. ”Sebagai langkah awal, saya akan merealisasikan alat ini dalam skala laboratorium. Baru kemudian dibawa ke praktik nyata,” kata Ginarsa seperti dilansir dari ITS online, Selasa (17/1/2012).

Sebelum menutup sidang yang berlangsung selama dua jam, pimpinan sidang Gamantyo Hendrantoro, berbagi pesan kepada para peserta sidang. ”Seseorang yang belajar dengan kesungguhan, pasti dapat melewati S-3 sekali pun,” ujar Gamantyo.(mrg)(rhs)

Berita Terkait