ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
19 Januari 2012, 09:01

ITS Bangun 2 Pusat Penelitian Tahun Ini

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pembantu Rektor II ITS Muhammad Faqih mengatakan, pada 2012, ITS akan segera melaksanakan pembangunan besar terkait sarana fisik kampus. Baik gedung untuk menunjang perkuliahan maupun sebagai pusat penelitian.

"Ada empat gedung yang akan dibangun pada 2012. Keempat bangunan tersebut yakni, Gedung Research Center, Gedung MIPA Tower, Gedung Jurusan Teknik Industri, dan Pusat Pelatihan Teknologi Vokasi yang akan dibangun di kawasan Buncitan, Sidoarjo," kata Faqih seperti dilansir dari situs ITS, Rabu (18/1/2012).

Secara rinci, Faqih menyebutkan, Research Center ini rencananya akan didirikan di depan Gedung Pasca Sarjana sedangkan MIPA Tower berlokasi di kawasan kampus Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Masing-masing bangunan bertingkat 11 itu dianggarkan dengan biaya Rp157 milIar untuk Gedung Research Center dan Rp 125 miliar untuk Gedung MIPA Tower.

Pada Gedung Research Center, nantinya akan terdapat sejumlah laboratorium dan pusat studi riset yang tergabung dalam tujuh Pusat Studi Riset Unggulan ITS yang selaras dengan tujuan ITS menjadi universitas riset pada 2017.

”Laboratorium-laboratorium yang multi disiplin akan berada di Research Center. Selain itu, di gedung ini terdapat pula ruang pamer untuk menampilkan karya-karya civitas akademika ITS,” tutur Faqih.

Gedung Research Center meliputi tujuh pusat studi riset. Di antaranya, Pusat Studi Riset Kelautan, Pemukiman dan Lingkungan Hidup, Transportasi dan Logistik, Material dan Nanoteknologi, Kebumian, serta Pusat Studi Inovasi Bisnis.

Sementara, kata Faqih, pembangunan gedung Jurusan Teknik Industri yang dianggarkan sebesar Rp50 miliar juga akan dilaksanakan tahun ini. Gedung perkuliahan itu akan didirikan bersebelahan dengan gedung Jurusan Teknik Material dan Metalurgi.

”Sebenarnya kami merencanakan lima pembangunan besar, namun untuk pembangunan gedung Fakultas Sains Terapan ternyata masih belum disetujui,” katanya menjelaskan.(mrg)(rhs)

Berita Terkait