ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
31 Januari 2012, 09:01

Smart Stove ITS Kantongi Rp1 M!

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Hal itu terjadi karena Achmad Ferdiansyah Pradana Putra ST dan Ahmed Tessario ST, sang empunya ide, mengikutsertakan produk yang mereka itu ke kompetisi Mandiri Young Technopreneur Award (MYTA) 2011 besutan Bank Mandiri.

Pada kompetisi ini, dua sarjana teknik itu menggabungkan dua produk mereka menjadi Smart Stove-Green Flame Concept dan bertarung pada kategori energi terbarukan. MYTA 2011 sendiri terdiri dari kategori Energi Terbarukan, Pengelolaan Air Bersih serta Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Ferdi mengaku, sempat merasa minder karena pesaingnya menawarkan beragam inovasi yang lebih canggih, di antaranya, turbin arus laut, solar energi, kincir angin, hingga biopellet.

"Tetapi, kami optimistis dari aspek potensi bisnis. Pasalnya, bisnis Smart Stove sudah berjalan delapan bulan, sedangkan yang lain banyak yang belum terbukti," kata Ferdi seperti dikutip dari situs ITS, Senin (30/1/2012).

Ferdi dan Ahmed harus puas memboyong gelar juara kedua dan hadiah uang Rp40 juta. Meski demikian, mahasiswa asal kota Malang ini berujar, Smart Stove mendapat modal dana pengembangan bisnis dari Bank Mandiri senilai Rp 1 miliar.

Cowok yang sedang menempuh pendidikan magister ini mengimbuhkan, dana yang tidak sedikit itu akan digunakan untuk mengembangkan Joy Fresh Internasional (JFI), perusahaan yang menaungi Smart Stove. Mantan menteri riset dan teknologi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS itu bahkan telah menyusun rencana pengembangan bisnisnya tersebut.

"Saya berharap, produk di bawah JFI tidak hanya Smart Stove dan Green Flame. Kami juga segera meluncurkan varian baru Green Flame yang tidak menggunakan bioetanol (spiritus) sebagai bahan bakunya," tuturnya.(rfa)

Berita Terkait