ITS News

Sabtu, 28 September 2024
15 Maret 2005, 12:03

INIAS Goes To Campus

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Jurusan Desain Produk Industri bekerja sama dengan INIAS, menggelar acara INIAS Goes To Campus pada Senin (27/9), dengan mengundang beberapa perusahaan dan instansi yang bidang garapnya berhubungan dengan disiplin ilmu jurusan Despro dan Arsitektur. Mereka diantaranya adalah PT. Mulia Keramik Indah Raya, Mowi Lex, Vania dan Kenari Djaja.

"INIAS sebagai recoursing arhitecture and designer menawari jurusan Despro untuk mengadakan acara ini. Dan sebenarnya acara ini lebih bertujuan untuk menunjukkan pada mahasiswa Despro dan Arsitektur tentang teknik pendesainan dan yang berkaitan dengan desain. Kalaupun yang datang ada dari selain itu juga tidak masalah," kata Thomas, ketua panitia. Keikutsertaan peserta acara ini tidak dipungut biaya. Itu menyebabkan panitia harus membatasi jumlah peserta yang ingin ikut, tambahnya. Dengan pertimbangan tempat dan kekondusifan acara, akhirnya panitia harus membatasi jumlah peserta sampai 150 orang saja.

Pada kesempatan pertama, salah seorang perwakilan dari PT. Mulia Keramik Indah Raya bersama ketua INIAS Naning Wijaya, berkesempatan untuk mempresentasikan contoh-contoh desain keramik yang selama ini dibuat. Dikatakannya, motif keramik tidak terbatas dan dapat selalu mengikuti zaman. Ketika masyarakat masih menyukai motif kuno tapi alami, PT. Mulia Keramik Indah Raya membuat motif serat-serat kayu yang terkesan kuno tapi alami.

Selain itu, motif keramik juga tidak terbatas pada tekstur keramik pada umumnya. "Saat ini sudah banyak masyarakat yang mulai menyukai motif-motif timbul. Sehingga biasanya motif tersebut akan tampak seperti tiga dimensi," kata Naning seusai presentasi. Ditambahkannya, keramik memiliki beberapa keunggulan untuk dijadikan bahan desain. Keramik sangat fleksibel digunakan untuk desain interior maupun eksterior, tahan terhadap cuaca serta mudah perawatannya. Karena untuk membersihkan keramik hanya butuh air dan kain pel, tambahnya.

Dalam kesempatan itu, tidak hanya PT. Mulia Keramik Indah Raya yang mendapatkan jatah presentasi. "Kami telah mengalokasikan waktu agar semua instansi yang hadir saat ini dapat melakukan presentasi.," ujar Thomas. Mowi Lex, Vania dan Kenari Djaja mendapat kesempatan presentasi setelah PT. Mulia Keramik Indah Raya.(sep/li)

Berita Terkait

ITS Media Center > Berita Utama > INIAS Goes To Campus