ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
21 Maret 2012, 10:03

Dosen Juga Magang Lho

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Program dosen magang ini memang sebuah bagian kegiatan yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti). Kali ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dipilih menjadi institusi tempat menimba pengalaman bagi peserta magang.

Program magang Dikti 2012 merupakan kali ketujuh sejak acara ini digelar. Para dosen yang mengikuti program ini diberikan pengalaman dan ilmu agar nantinya dapat dikembangkan di perguruan tinggi asalnya.

Tahun ini, ITS menerima sebelas peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Selama kurang lebih lima bulan ke depan, para dosen magang ini akan menimba pengetahuan di ITS.

"Program ini akan berakhir pada 19 Agustus 2012," tutur Koordinator pelaksana program magang di ITS, Ismaini Zaini seperti dikutip dari laman ITS, Selasa (20/3/2012).

Ismaini menerangkan, ada lima pengetahuan utama yang akan diberikan kepada peserta magang. Pertama, mengenai tata kelola perguruan tinggi. "Bagian ini meliputi pengelolaan akademik, birokrasi, Kartu Rencana Studi (KRS), dan sebagainya. Secara bertahap akan kami berikan kepada para peserta," ujar Kepala Badan Akademik ITS tersebut.

Sementara empat bidang ilmu lainnya, meliputi pendidikan dan pengajaran, pengelolaan unit-unit, pengembangan Research Center, dan peningkatan revenue dari unit menjadi pengetahuan lain yang akan diberikan pada peserta.

"Tidak hanya belajar pengelolaan, peserta magang juga dijadwalkan untuk mengikuti kegiatan tentatif yang menarik. Permainan, Workshop, dan juga City Tour rencananya akan menjadi bagian dari kegiatan tentaif tersebut," kata Ismaini.

Salah seorang peserta magang dari Lampung berharap, lewat program magang yang dijalaninya dapat diterapkan ke universitas asalnya. "Semoga ilmu yang saya dapat di ITS dapat mengantarkan perguruan tingi kami menjadi universitas negeri yang lebih maju," kata Dyah Ayu.(rfa)

Berita Terkait

ITS Media Center > Lainnya > Dosen Juga Magang Lho