ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
04 Mei 2012, 17:05

57 Tim Ikuti Kontes Robot Regional IV

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

"Kompetisi di Regional IV selalu menarik, karena pemenang dari regional ini selalu menjadi juara nasional, kecuali tahun lalu yang diraih Batam," kata Kepala Badan Pembinaan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni ITS Dr Ir Bambang Sampurno MT di Surabaya, Jumat.

Didampingi Panitia KRI-KRCI 2012 Regional IV Drs M Zainul Asrori MSi dan tujuh anggota tim robot dari ITS, ia menjelaskan KRI-KRCI sebenarnya merupakan ajang latihan strategi memenangkan persaingan yang kurang lebih sama dalam realita.

"Itu latihan strategi memenangkan persaingan yang kurang lebih sama dalam dunia nyata yakni sangat ketat, karena itu KRI-KRCI mengajarkan pendidikan karakter tentang persaingan yang fair, jujur, dan tidak ada yang ditutupi," tuturnya.

Menurut dia, pemenang KRI-KRCI Regional IV berhak melaju ke tingkat nasional di Bandung pada 16-17 Juni mendatang dan pemenang tingkat nasional akan meraih tiket ke tingkat internasional di Hong Kong, China pada 19 Agustus mendatang.

"KRI sendiri ada satu divisi dan KRCI ada tiga divisi yakni KRCI Beroda Robot Cerdas Pemadam Api, KRCI Berkaki Robot Cerdas Pemadam Api, dan KRCI Battle Robosoccer Humanoid League. ITS sendiri mengikuti keempat divisi itu," paparnya.

Bahkan, ITS juga mengikuti satu kontes lagi yang hanya dipertandingkan di tingkat nasional yakni Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) yang tahun ini bertema "Robot Penari Tari Piring".

Tim lain adalah universitas dari Surabaya, Malang, Jember, Madiun, dan Madura. "Yang merupakan tim pendatang baru adalah Politeknik Madiun dan Politeknik Banyuwangi, namun tidak semuanya mengikuti semua divisi yang dipertandingkan," ucapnya.

Selain itu, Universitas Brawijaya, Unair, Unesa, ITATS, ITN Malang, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Jember, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, STMIK Surabaya, UWM Surabaya, Universitas Muhammadiyah Malang, UPN Veteran Jatim, UHT Surabaya, Unitomo Surabaya, Ubhara Surabaya, Ubaya, dan Universitas Trunojoyo. (*)

Berita Terkait